Menyusuri Gua Donan di Kalipucang Kabupaten Pangandaran

Gua Donan sepertinya memang kurang begitu dikenal di kalangan wisatawan di Jawa Barat. Mungkin karena Gua Donan kurang terawat dan tidak dikembangkan sehingga tidak menjadi gua terpopuler di Jawa Barat. Gua-gua terpopuler di Jawa Barat diantaranya adalah : Gua Sunyaragi, Gua Buniayu, Gua Pawon, Gua di Dago Pakar. Bahkan jika dibandingkan dengan Gua Lanang dan Gua Jepang di Pananjung Pangandaran pun Gua Donan memang masih kalah dalam hal kunjungan wisatawan.
Gapura selamat datang di Gua Donan Kec. Kalipucang Kab. Pangandaran.
Gapura selamat datang di Gua Donan Kec. Kalipucang Kab. Pangandaran.
Padahal banyak keunikan yang dimiliki Gua Donan. Pada masa penjajahan Belanda, Gua Donan merupakan gudang amunisi Tentara Belanda. Selain itu, di dalam Gua Donan, terdapat lorong dengan ruangan luas yang berisi batu karang mirip binatang purba. Keindahan Gua Donan juga karena dihiasai oleh stalaktit dan stalagmit yang berwarna-warni.

Luas areal Gua Donan sekitar 2,5 hektare. Gua Donan memiliki delapan lubang pintu masuk dan tiga lubang pintu keluar. Konon panjang lorong Gua Donan mencapai 500 meter. Meskipun demikian masih perlu pemetaan areal gua oleh Speolog.

Diberi nama Gua Donan karena pada masa penjajahan Belanda merupakan tempat ngadon atau persinggahan tentara Belanda.Padahal menurut warga setempat, pada zaman dahulu, Gua Donan bernama Gua Gedong. Sebab, gua ini memiliki ruangan yang sangat besar dan terdapat kolam.

Pada tahun 80-an, Gua Donan merupakan tempat shooting film laga di Pangandaran yang dibintangi artis-artis favorit kala itu, seperti : Barry Prima, Advent Bangun, dan Eva Arnaz. Ketika tidak digunakan shooting film, ruangan aula besar di Gua Donan merukan tempat hiburan bagi masyarakat setempat untuk nonton layar tancap.

Menurut arkeolog yang pernah mengunjungi Gua Donan menduga,  gua ini pernah dihuni manusia gua. Hal itu diperkuat dengan keberadaan beberapa makam kuno yang berada di wilayah Gua Donan. Warga sekitar gua pun pernah menemukan beberapa fosil dan perkakas manusia gua yang sudah tertimbun tanah. Salah satunya adalah yang terdapat di lingkungan batu putih atau karst.

Alamat Gua Donan berada di Desa Tungilis, Kec. Kalipucang, Kab. Pangandaran. Lokasi Gua Donan berada tepat di pinggir jalan raya Banjar-Pangandaran yang merupakan jalur wisata di Kabupaten Pangandaran. Koordinat Gua Donan tepatnya berada pada titik S7.615505, E108.727225.

Untuk  memudahkan menemukan posisi Gua Donan di peta, dapat dilihat pada google maps berikut.
Sayang sekali karena kurang terawat, Gua Donan pernah ditutup pada tahun 2015. Hal ini karena kondisi gua tidak terawat dan ada retakan di bagian atap. Selain itu pada bagian pintu masuk juga terjadi longsor, sehingga apabila belum diperbaiki berpotensi membahayakan pengunjung.
Kondisi pintu masuk Gua Donan di Kalipucang Kabupaten Pangandaran.
Kondisi pintu masuk Gua Donan di Kalipucang Kabupaten Pangandaran.
Setelah terbentuk Daerah Otonom Baru Kabupaten Pangandaran, untuk meningkatkan pendapatan asli daerah dari sektor pariwisata, Gua Donan kembali ditata. Penataan Gua Donan ini diharapkan  mampu mengundang wisatawan untuk datang berkunjung ke Gua Donan.

Meski tidak seramai zaman dahulu, Gua Donan mulai dikunjungi wisatawan. Dengan ramainya pengunjung, selain dapat merupakan pendapatan daerah, juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar Gua Donan.
Gua Donan jika dibangunkan pojok selfie bisa menjadi tempat favorit untuk berfoto.
Gua Donan jika dibangunkan pojok selfie bisa menjadi tempat favorit untuk berfoto.
Itulah sekelumit cerita tentang Gua Donan di Pangandaran yang berpotensi menjadi obyek wisata andalan jika dikembangkan dengan baik. Gua Donan bisa dijadikan alternatif wisata susur gua yang menarik di Kabupaten Pangandaran.
Menyusuri Gua Donan di Kalipucang Kabupaten Pangandaran Menyusuri Gua Donan di Kalipucang Kabupaten Pangandaran Reviewed by Ghost Ships on 9:16:00 AM Rating: 5

2 comments:

  1. Ternyata di pengandaran juga ada goa ya.. Hhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyak lho gua di Pangandaran hehehe, .... rafting di Citumang atau di Green Canyon itu susur gua seperti di Gua Pindul Yogyakarta.

      Delete

Terima kasih telah berkomentar

loading...
Powered by Blogger.