Wisata Ziarah ke Situ Lengkong di Panjalu Kabupaten Ciamis

Situ Lengkong Panjalu atau yang lebih dikenal sebagai Situ Lengkong adalah sebuah danau yang berada di Kecamatan Panjalu. Situ (dalam bahasa Sunda) artina memang adalah danau. Situ Lengkong Panjalu adalah salah satu daerah tujuan wisata di Kabupaten Ciamis. Selain terkenal karena keindahannya, Situ Lengkong juga dikenal sebagai tempat wisata ziarah di Kabupaten Ciamis.
Foto dermaga Situ Lengkong Panjalu di Kabupaten Ciamis.
Situ Lengkong Panjalu di Kabupaten Ciamis.

Alamat Situ Lengkong berada di Kecamatan Panjalu Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat. Koordinat Situ Lengkong tepatnya berada pada titik S7.131353, E108.268563. Situ Lengkong berada 35 km di sebelah Utara kota Ciamis dan 15 km sebelah Barat kota kecamatan Kawali.

Untuk lebih jelasnya, posisi Situ Lengkong Panjalu dapat dilihat pada google maps berikut.



Luas Situ Panjalu sekitar 70 hektar. Situ Panjalu dikeliling vegetasi yang cukup lebat sehingga debit air situ selalu terjaga. Konon katanya, Situ Lengkong ini adalah pada zaman dahulu adalah pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu.

Sebagai bekas peninggalan kerajaan, banyak ditemukan penermuan-penemuan sejarah. Penemuan data-data kepurbakalaan, nilai- nilai sosial kultural serta jejak kesejahteraan lainnya hingga kini masih dilestarikan. Penemuan ini memberikan petunjuk tentang masa lalu sebagai kota kerajaan kuno yang dikenal sebagai kerajaan Soko Galuh Panjalu.

Penemuan ini juga menunjukan pentingnya daerah Panjalu sebagai cikal bakal kerajaan Sunda Kawali. Seiring dengan waktu, maka Panjalu berkembang menjadi destinasi wisata, baik wisata alam, wisata budaya maupun sebagai wisata ziarah. Untuk menunjang menjadi destinasi wisata unggulan Kabupaten Ciamis, maka Pemerintah Provinsi Jawa Barat, pada tanggal 17 Maret tahun 2004 menetapkan Panjalu sebagai desa wisata.
Masjid di Tepi Situ Panjalu
Masjid di seberang Situ Lengkong Panjalu.
Di Situ Lengkong terdapat 3 buah pulau kecil (nusa). Di tengah Situ Lengkong terdapat sebuah pulau yang disebut Nusa Larang. Di Nusa Larang inilah terdapat Makam Prabu Hariang Kancana.
Foto Situs makam Prabu Hariang Kancana.
Situs makam Prabu Hariang Kancana.
Untuk menjaga kelestarian lingkungan Situ Lengkong, Gubernur Jenderal Hindia Belanda menetapkan sebagai kawasan konservasi berupa cagar alam (Natuurmonument). Penetapan ini berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jenderal Hindia Belanda (Besluit van den Gouverneur-Generaal van Nederlandsch Indie) Nomor 6 pada tanggal 21 Februari 1919 .

Selain sebagai tempat wisata alam, Situ Lengkong Panjalu juga merupakan Cagar Budaya. Wisatawan yang berkunjung ke Panjalu pada umumnya adalah para peziarah. Para peziarah ini biasanya mengunjungi Tokoh Raja Panjalu, terutama pemakaman Prabu Hariang Kancana di Nusa Situ Lengkong (Situ Istana Kerajaan). Selain itu juga Museum Bumi Alit.

Di Museum Bumi Alit ini disimpan benda-benda peninggalan bersejarah berupa menhir, batu pengsucian, batu penobatan, naskah- naskah dan benda- benda perkakas peninggalan milik Raja-raja dan Bupati Panjalu masa lalu. terutama perkakas yang disebut benda pusaka Panjalu yang berupa Pedang, Cis dan Genta (lonceng kecil) peninggalan Prabu Sanghyang Borosngora.
Wisatawan yang sedang berkunjung ke Situ Lengkong Panjalu.
Wisatawan yang sedang berkunjung ke Situ Lengkong Panjalu.
Wisatawan dapat mengunjungi nusa dengan menaiki perahu yang banyak terdapat di dermaga Situ Lengkong. Para peziarah yang mengunjungi makam untuk berbagai niat dan tujuan masing-masing. Pengunjung harus menjaga tatakrama dan sopan santun. 

Sebagai tempat yang dikeramatkan, ada beberapa larangan atau pantrangan yang dipercayai oleh masyarakat sekitar Situ Lengkong. Pantangan tersebut diantaranya seperti tidak boleh mengatakan kalong pada saat melihat kelelawar besar di sekitar area yang dikeramatkan.
Pohon kalong di Situ Lengkong Panjalu.
Pohon kalong di Situ Lengkong Panjalu.
Selain itu, pengunjung atau penjiarah, dan bahkan warga sekitar juga tidak diperbolehkan mengatakan batok. Entah apa dari semua larangan ini, tentu ada cerita masyarakat yang menyimpan mitos atau misteri.

Sikap dan sopan santun pada saat menaiki perahu menuju ke pulau untuk berjiarah ke makam keramat  itu, benar-benar patut diperhatikan. Dipercayai jika salah satu dari pantangan atau larangan tersebut dilanggar, maka akan terjadi malapetaka. konon kabarnya sudah ada yang terjadi.

Dengan pemandangan alam yang indah, udara yang sejuk, Situ Lengkong Panjalu menjadi tempat yang nyaman untuk berlibur. Bagi para penggemar fotografi, Situ Lengkong merupakan tempat  yang menarik untuk hunting landscape maupun hunting human interest.
Menjala ikan di Situ Lengkong Panjalu.
Menjala ikan di Situ Lengkong Panjalu.
Karena keunikan Situ Lengkong Panjalu ini, maka menjadi satu kebanggaan bagi masyarakat setempat dan sebagai destinasi wisata unggulan Ciamis. Wisata ziarah ke Situ Lengkong di Panjalu Kabupaten Ciamis dapat dijadikan alternatif untuk berekreasi bersama keluarga.
Wisata Ziarah ke Situ Lengkong di Panjalu Kabupaten Ciamis Wisata Ziarah ke Situ Lengkong di Panjalu Kabupaten Ciamis Reviewed by Ghost Ships on 7:50:00 PM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah berkomentar

loading...
Powered by Blogger.