Menikmati Pesona Keindahan Pantai Klayar di Pacitan

Kabupaten Pacitan memiliki banyak sekali pantai yang indah. Pantai Klayar adalah salah satu pantai terbaik di Kabupaten Pacitan. Sebagai daerah tujuan wisata unggulan Kabupaten Pacitan, Pantai Klayar memang memiliki banyak keunikan. Keunikan Pantai Klayar diantaranya adalah pantainya pasir putih dan airnya jernih, ada formasi batu karang yang menyerupai Sphinx di Piramida Mesir dan ada fenomena seruling samudra yang bisa memancarkan air yang tingginya sampai 10 m.
Pantai Klayar dengan formasi batu karang yang mirip Sphinx.
Pantai Klayar dengan formasi batu karang yang mirip Sphinx.

Alamat Pantai Klayar berada di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Provinsi Jawa Timur. Koordinat Pantai Klayar tepatnya berada pada titik S8.22352 E110.94657. Jarak Pantai Klayar dari Pacitan sekitar 40 km ke arah Barat.
Teluk kecil di Pantai Klayar.
Teluk kecil di Pantai Klayar.
Untuk lebih jelasnya, posisi Pantai Klayar dapat dilihat pada google maps berikut.


Pantai Klayar adalah sebuah pantai indah di Kabupaten Pacita yang masih alami. Akses jalan menuju Pantai Klayar sudah terbilang baik dan beraspal hotmix. Tetapi meskipun kondisinya beraspal baik, tetapi jalannya terbilang sempit dan  memiliki geometri jalan yang berkelok dan memiliki topografi curam.

Jalanan menuju Pantai Klayar mulai menyempit setelah melewati obyek wisata Goa Gong. Kendaraan bis besar dapat diparkir di tempat parkir Goa Gong dan dapat dilanjutkan dengan kendaraan kecil.

Perjalanan yang sulit menuju ke Pantai Klayar melalui jalan berliku-liku, naik turun ini akan terbayar dengan keindahan alam yang bisa dinikmati. Sepanjang perjalanan menuju Pantai Klayar, akan disuguhi pemandangan alam yang dihiasi dengan deretan bukit-bukit, gua-gua kecil yang terlihat stalaktit dan stalakmit yang terlihat dari pinggir jalan. Ya, karena memang Kabupaten Pacitan dikenal dengan kabupaten yang memiliki banyak gua alam.

Pantai Klayar sangat cocok bagi para penggemar fotografi karena banyak sekali spot fotografi menarik. Meskipun demikian, pengunjung Pantai Klayar harus berhati-hati dan waspada, mengingat ombak di Pantai Klayar sangat besar.
Teluk Pantai Klayar arah batu karang sebelah Timur.
Teluk Pantai Klayar arah batu karang sebelah Timur.
View Pantai Klayar arah Barat.
View Pantai Klayar arah Barat.
Karena ombak Pantai Klayar sangat besar, sangat tidak disarankan untuk bermain air apalagi berenang. Selain itu, untuk menuju ke seruling samudra, pengunjung diwajibkan didampingi oleh pemandu. Hal ini karena faktor keselamatan dan posisi semburan air berpindah-pindah sepanjang celah.
Selfie di Pantai Klayar dengan background batu Sphinx.
Selfie di Pantai Klayar dengan background batu Sphinx.
Daerah tujuan wisata pantai di Kabupaten Pacitan selain menikmati pesona Pantai Klayar, dapat juga menikmati pantai lainnya yang tidak kalah unik. Setelah mengujungi Pantai Klayar, dapat juga menikmati pesona pantai-pantai di Pacitan diantaranya : Pantai Teleng Ria, Pantai Banyu Tibo, Pantai Buyutan, Pantai Karang Bolong, Pantai Srau, Pantai Kali Uluh dan Pantai Watukarung.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menikmati Pesona Keindahan Pantai Klayar di Pacitan"

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi