Menikmati Es Krim di Toko Oen, Kuliner Legendaris dari Malang

Berlibur di Malang merupakan pilihan yang sedang menjadi trend belakangan ini. Selain banyak memiliki obyek wisata baru yang menarik, juga banyak tersedia hotel di Kota Malang. Selain obyek wisata dan ketersediaan hotel, ternyata Kota Malang menawarkan banyak kuliner menarik. Salah satunyanya adalah Es Krim Toko Oen.
Foto Banana Split salah satu menu favorit Es Krim di Toko Oen, Malang.
Banana Split salah satu menu favorit Es Krim di Toko Oen, Malang.

Selain Es Krim Toko Oen, yang sedang trend juga adalah Malang Strudel, dengan menu favorit Strudel Apel. Malang Strudel ini adalah oleh-oleh kuliner menarik khas Malang yang dirintis oleh artis Teuku Wisnu. Dan yang tak kalah menarik adalah juga Bakso President.

Bagi penikmat kuliner, rasanya belum afdol kalau berkunjung ke Kota Malang tetapi tidak mampir ke Es Krim di Toko Oen. Karena Es Krim yang dijual di Toko Oen merupakan es krim legendaris sejak zaman Belanda.
Foto Arsitektur es krim Toko Oen Malang yang unik.
Arsitektur es krim Toko Oen Malang yang unik.
Alamat Toko Es Krim "Oen" berada di Jl. Jend. Basuki Rachmad No 5 Malang, Jawa Timur. Telp : (0341) 64052. Sedangkan koordinat Toko Oen Malang tepatnya berada pada titik S7.98067 E112.63027. Untuk mengetahui lebih jelas lokasi Toko Es Krim Oen di Malang, dapat dilihat pada google maps berikut.


Tidak sulit untuk menemukan Toko Oen Malang ini, karena berada di pusat Kota Malang tidak jauh dari Alun-alun Kota Malang dan berseberangan dengan gereja tua. Sangat mudah menemukan gereja tua ini  karena gereja tua berarsitektur gothic yang mencolok.

Pas ketika memasuki Toko Oen, mata akan langsung tertuju ke banner ucapan selamat datang di Malang dalam Bahasa Belanda. Welkom in Malang. Toko “Oen” Die Sinds 1930 Aan De Gasten Gezelligheid Geeft. Banner tersebut artinya dalam Bahasa Indonesia kurang lebih adalah Selamat Datang Di Malang. Toko Oen adalah tempat untuk berkumpul & bersosialisasi sejak 1930.
Foto banner Sambutan selamat datang di es krim Toko Oen, Malang.
Sambutan selamat datang di es krim Toko Oen, Malang.
Ya, karena memang sejak dulu, Toko Oen Malang ini adalah tempat favorit para meneer dan mevrouw Belanda rumpi-rumpi sambil makan es krim. Tempat gaulnya para sosialita pada waktu itu.

Resep Es Krim Oen pertama kali diciptakan oleh seorang perempuan keturunan Tionghoa yang bernama Oma Oen yang awalnya membuka toko kue di Yogyakarta tahun 1910. Kemudian baru pada tahun 1922, Oma Oen mengembangkan es krim buatannya dan membuka kedai es krim di Semarang, Jakarta, dan Malang.

Sayang sekali, cabang Yogya dan Jakarta sudah ditutup. Sisanya, kedai Oen di Malang dijual kepada seorang pengusaha bernama Dany Mugiato. Sedangkan cabang Semarang dipertahankan oleh keturunan Oma Oen sampai dengan sekarang.

Meskipun masih memakai nama Toko Oen, berdasarkan sejarah Toko Oen di situs http://tokooen.com/id/history_of_toko_oen, disebutkan bahwa Toko Oen Malang sampai dengan sekarang tetap difungsikan sebagai restoran dengan nama dagang Toko “OEN”, tetapi tanpa ijin dari pemegang hak paten nama Toko “OEN”.

Arsitektur bangunan Toko Oen memiliki kekhasan dengan desain arsitektur bangunannya yang khas Belanda. Demikian juga interiornya memiliki kekhasan. Furniture seperti kursi rotan rendah yang ditata mengelilingi meja bundar juga nampak sangat khas tempoe doeloe.
Foto Keramahan kasir es krim Toko Oen Malang
Keramahan kasir es krim Toko Oen Malang 
Desain interior Toko Oen ini memang bergaya klasik. Interior Toko Oen dilengkapi dengan kursi rotan, meja dan taplak klasik, serta piano tua di sudut ruangan.

Menu utama di es krim Toko Oen ini tentunya adalah es krim. Salam satu menu favorit di es krim Toko Oen adalah Banana Split. Selain banana split, menu es krim lainnya adalah : basic (single scoop) dengan rasa vanila, stroberi, cokelat, moka, dan gula jawa durian. Selain itu, ada juga tutti frutti, peach melba, domino dan sonny boy.

Menurut saya, harga es krim yang disajikan di Toko Oen ini lumayan mahal, untuk seporsi banana split yang saya pesan, dihargai Rp 55.000/porsi. Karena harganya mahal, nampaknya pengunjung di es krim Toko Oen ini kebanyakan turis asing atau kalangan menengah ke atas.
Foto Daftar menu di Toko Oen.
Daftar menu di Toko Oen.
Sedangkan untuk jenis fancy sundaes, pilihannya adalah tropicana cream, midwest sundae, calypso fantasy, oen special, dan chocolate parfait. Selain itu, tersedia juga es krim soda dan milk shakes dengan pilihan rasa vanila, moka, cokelat dan stroberi.

Banyaknya turis asing yang berkunjung ke es krim Toko Oen ini mungkiin ingin bernostalgia mengenang masa-masa kakek buyutnya sedang bertugas dan tinggal di Kota Malang.

Nampaknya suasana Toko Oen ini akan memberikan kesan tersendiri ketika menikmati es krim logendaris dari Kota Malang ini.
Menikmati Es Krim di Toko Oen, Kuliner Legendaris dari Malang Menikmati Es Krim di Toko Oen, Kuliner Legendaris dari Malang Reviewed by Ghost Ships on 1:30:00 PM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah berkomentar

loading...
Powered by Blogger.