8 Tips Menikmati Liburan Bersama Rombongan

Liburan bersama rombongan sebenarnya akan lebih mengasikkan jika dibandingkan dengan piknik keluarga atau piknik berdua saja bersama pasangan. Tetapi terkadang apabila kurang persiapan atau ada salah komunikasi justru piknik bersama rombongan ini justru mendapatkan ketidaknyaman, seperti tertinggal dari rombongan atau berbeda pendapat dengan orang lain di destinasi wisata.
Ilustrasi foto liburan bersama rombongan ke Gunung Bromo
Ilustrasi foto liburan bersama rombongan ke Gunung Bromo.
Agar piknik bersama rombongan ini bisa mendapatkan kenyamanan sesuai harapan, berikut ini ada 8 tips menikmati liburan bersama rombongan.

1. Tentukan ketua rombongan
Meskipun bukan grup formal, ada baiknya ketika liburan bersama ditentukan juga ketua rombongan. Ketua rombongan ini dipilih agar apabila ada perbedaan pendapat dapat  menyelesaikan perbedaan tersebut.
Selain itu, apabila rombongan besar, sebaiknya dibagi menjadi grup-grup kecil. Misalkan grup kecil yang beranggotakan 3 orang sampai 4 orang. Kemudian tentukan koordinator untuk setiap kelompok kecil tersebut. Masing-masing koordinator bertanggung jawab untuk mengawasi setiap anggota dalam grupnya.
Dengan cara ini, risiko ada yang terpisah dari rombongan bisa dihindari. Pastikan pula setiap koordinator kelompok yang ditunjuk memiliki perangkat komunikasi atau ponsel yang wajib berada dalam keadaan aktif untuk memudahkan komunikasi.

2. Tentukan destinasi wisata bersama
Pengalaman ketika piknik bersama rombongan beberapa waktu yang lalu, ternyata meskipun itinerary sudah dibuat oleh pihak travel, masih saja terjadi perbedaan pendapat ketika akan menuju destinasi wisata yang sudah ditetapkan.
Nah, untuk mengantisipasi perbedaan pendapat dalam destinasi wisata, sebaiknya di dalam menentukan tujuan wisata berdasarkan kesepakatan bersama. Dalam menentukan destinasi wisata ini perlu diperhatikan juga umur dan jenis kelamin peserta liburan bersama.
Jika umur berbeda jauh, dipastikan akan berbeda kesukaan dalam menikmati wisata terutama wisata alam terbuka. Demikian juga dengan jenis kelamin, biasanya ibu-ibu tidak terlalu suka wisata outdoor, jadi perlu dipadukan dengan wisata kuliner atau wisata belanja.
Hal lain yang perlu diperhatikan dalam menentukan destinasi wisata adalah budget wisata, transportasi yang di gunakan, keamanan tempat wisata dan jarak tujuan wisata.

3. Menggunakan baju seragam
Agar lebih mudah saling mengawasi antara sesama anggota rombongan piknik bersama dalam jumlah yang banyak ada baiknya menggunakan baju atau kaos seragam, minimal dengan warna yang sama. Seragam ini akan lebih baik lagi jika warna seragam rombongan ini cukup mencolok jika dilihat di tengah keramaian.
Tujuan penggunaan seragam ini tak lain adalah untuk memudahkan pengawasan ketika rombongan tiba di destinasi wisata. Tentunya masing-masing anggota rombongan memiliki keinginan untuk menikmati setiap sudut spot wisata tersebut. Dengan menggunakan seragam ini, setiap anggota akan mudah terlihat saat berbaur dengan banyak orang di tempat wisata. Selain menggunakan seragam atau baju yang sama, alternatif lainnya adalah dengan menggunakan topi berwarna sama. Topi ini juga akan memudahkan pengawasan.

4. Tentukan jadwal keberangkatan, tentukan titik pertemuan dan jam berkumpul di setiap destinasi wisata
Destinasi wisata, titik kumpul, jadwal keberangkatan dan kedatangan di setiap destinasi wisata dikenal sebagai itinerary. Itinerary ini dibutuhkan agar liburan ini dapat terlaksana sesuai dengan rencana. Dengan itinerary yang tepat, diharapkan akan mendapatkan kesenangan selama liburan bersama.
Dalam menyusun itinerary ini, selalu perhatikan jarak, transportasi yang digunakan, gangguan di perjalanan dan destinasi wisata itu sendiri.
Setiap destinasi wisata  memiliki luas yang berbeda-beda. Ada destinasi wisata yang luas dan ada pula yang sempit namun sering penuh sesak dengan pengunjung. Karena luas destinasi wisata berbeda-beda, maka sebaiknya begitu sampai di suatu destinasi wisata segera tentukan titik pertemuan dan waktunya.
Titik kumpul sangat penting ditentukan agar anggota rombongan tidak saling mencari satu sama lain. Selain itu tentukan pula waktu untuk berkumpul agar rute perjalanan wisata bisa dijalankan sesuai dengan rencana.
Perlu penekanan kepada anggota rombongan agar jangan terlena dengan waktu, karena berwisata tak hanya habis di satu tempat wisata saja. Tekankan untuk berkumpul tepat pada waktunya agar perjalanan bisa segera dilanjutkan.

 5. Berikan penjelasan pada rombongan mengenai destinasi wisata
Saat tiba di tempat tujuan, berikan penjelasan kepada rombongan kapan saatnya berkumpul untuk jam makan siang dan kapan bersiap untuk pulang jika tidak ada rencana menginap. Selain itu, perlu dijelaskan juga risiko keamanan atau bahaya yang mungkin ada di suatu obyek wisata.
Dengan penjelasan ini, diharapkan semua anggota rombongan dapat menikmati liburan secara aman dan nyaman.

6. Catat nomor telepon penting dan nomor telepon sopir
Sebelum berangkat berwisata bersama rombongan, sebaiknya setiap anggota diberikan nomor telepon penting seperti nomor telepon polisi di daerah wisata tersebut atau nomor telepon tourist information. Hal ini penting sekali agar anggota rombongan bisa menghubungi nomor-nomor tersebut jika terjadi keadaan darurat. Misalnya saja terjadi kejahatan di tempat wisata, terpisah dari rombongan, atau kehilangan dompet dan kartu identitas diri.
Jangan lupa untuk meminta nomor telepon sopir mobil rombongan. Hal ini untuk memudahkan komunikasi saat hendak meninggalkan area wisata untuk melanjutkan perjalanan.
Selain itu, sopir rombingan biasanya sudah mengenal spot-spot menarik di setiap destinasi wisata di suatu daerah.  Hal ini akan sangat membantu untuk memberikan informasi yang dibutuhkan oleh rombongan wisata saat menjelajah tempat wisata.


7. Siapkan obat-obatan umum atau kalau memungkinkan ada tenaga medis
Ketika liburan bersama terutama ketika peak season biasanya setiap obyek wisata akan sangat ramai. Suasana ramai ini mengandung risiko terjadi insiden kecelakaan. Selain karena risiko kecelakaan, terkadang kalau perjalanan jauh mungkin ada anggota rombongan yang sakit.
Hal-hal tersebut memang tidak diharapkan terjadi tentunya. Nah, untuk mengantisipasi hal-hal yang buruk, sebaiknya disediakan obat-obatan umum, misalnya obat luka berikut plester atau verband, obat sakit kepala, minyak angin, obat diare atau obat masuk angin.
Akan lebih baik jika rombongan sangat besar, minimal disiapkan minimal ada 1 orang tenaga kesehatan atau tenaga medis.

8. Perlu pemahaman bahwa tidak harus selalu bersama selama liburan
Hal lain yang tidak kalah penting adalah sediakan waktu acara bebas selama liburan. Ada kalanya ketika liburan bersama pun, masing-masing anggota rombongan menginginkan ada waktu pribadi, misalkan ketemu dengan sodara atau kolega di tempat wisata atau berbelanja atau wisata kuliner di tempat kenangan.
Hal ini perlu juga disampaikan dan diatur kapan dan di mana ada waktu yang bisa diisi dengan acara pribadi. Tetapi tetap harus disiplin dalam hal waktu agar tidak mengganggu itinerary secara keseluruhan.

Demikian 8 tips menikmati liburan bersama rombongan dan selamat berlibur.
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "8 Tips Menikmati Liburan Bersama Rombongan"

  1. Sebagai pelengkap bila ingin membuat acara rombongan di lembang silahkan kunjungi penginapan villa murah di lembang untuk rombongan terima kasih

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi