7 Alasan Kenapa Nge-Blog

Ilustrasi 7 Alasan Kenapa Nge-Blog. Foto : Pixabay.
Ilustrasi Alasan Kenapa Nge-Blog. Foto : Pixabay.
Sudah hampir 2 tahun ini saya mulai nge-blog. Awalnya memang karena banyaknya waktu luang dan menyalurkan energi saja. Tetapi ternyata lama kelamaan, kesenangan baru nge-blog itu bertahan sampai 2 tahun. Itu artinya tidak ada hambatan hehehe....

Alasan klise-nya sih ternyata dengan nge-blog banyak hal bermanfaat yang bisa didiperoleh. Yang pasti sih kesenangan dan kebebasan berekspresi menulis. Itu salah satunya. Jika ada alasan awal itu ada, artinya sudah tepat mulai nge-blog.

Ternyata, sejalan dengan waktu, ternyata banyak alasan lain yang mendorong tetap ngeblog. Beberapa alasan kenapa tetap ngeblog diantaranya adalah :

1. Mencari Popularitas
Dengan nge-blog, ternyata apabila posting kita banyak dibaca dan dikunjungi, akan membuat semakin terkenal. Malah apabila posting blog niche terntentu, lama kelamaan akan dianggap sangat ahli dan akan memiliki pembaca atau pengunjung. Nah, dengan banyaknya pengunjung ini, akan meningkatkan popularitas.
Dengan blogging ini, adalah salah satu cara untuk melakukan pencitraan pribadi hehehe ... Kenapa pencitraaan ? ya, karena artikel yang diterbitkan di blog akan memiliki banyak pembaca seiring waktu. Istilah gaya-nya sih branding.

2. Menyalurkan Hobi
Salah satu hobi saya adalah amatir radio, ya hobi yang berhubungan dengan ngobrol terus. Tetapi karena mungkin perkembangan zaman, anggota amatir radio yang sering rag chewing atau ngobrol di frekuensi semakin sedikit. Jadi lama kelamaan frekuensi kerja lokal semakin sepi. Nah, hobi ngobrol ini dialihkan ke hobi nulis saja.
Dengan menulis di blog sebagai penyaluran hobi secara tidak langsung akan membantu mengasah keterampilan menulis kalian menjadi lebih baik.

3. Mengisi Waktu Luang
Ketika 2 tahun lalu saya mutasi ke tempat kerja sekarang ini, ternyata banyak waktu luang yang saya miliki. Artinya banyak waktu eksplorasi ke lapangan dan banyak waktu duduk juga di meja kerja.
Nah, ketika santai di meja kerja ini, hasil eksplorasi ke lapangan bisa dituliskan di blog.
Dengan menulis di blog, waktu saya termanfaatkan untuk hal yang positif.

4. Menjual Diri
Koq menjual diri ?... Pasti beberapa pembaca menganggap menjual diri ini adalah konotasi negatif... Ya dikonotasikan ketika PSK menjual diri hehehe .... Bukan, bukan ke arah sana maksudnya.
Setiap orang sebenarnya punya kualifikasi atau keahlian terntentu. Tetapi permasalahannya adalah bagaimana agar orang lain mengetahu keahlian kita ?.
Adat Timur sepertinya menganggap membicarakan keahlian kita ke masyarakat umum sebagai hal yang sombong. Nah, agar tidak dianggap demikian, maka dengan menulis di blog sesuai keahlian kita, maka lama kelamaan orang lain akan tahu keahlian kita..
Nah, itulah menjual diri. Menjual diri itu artinya adalah bagaimana orang akan mengaggap keahlian kita sebagai sesuatu yang dapat menghasilkan manfaat positif.
Dengan kata lain, menjual diri ini bisa juga dikategorikan sebagai branding hehehe...

5. Berbagi Informasi
Dengan menulis posting di blog, secara tidak langsung artinya membagi informasi ke orang lain. Banyak hal yang bermanfaat yang bisa dibagikan di blog.

6. Melatih Kemampuan Menulis
Sebenarnya banyak orang ingin menjadi penulis. Tetapi masalahnya adalah kesulitan bagaimana memulainya. Nah, dengan mulai nge-blog, dapat membantu melatih  kemampuan menulis.

7. Menambah Penghasilan
Sejalan dengan waktu, tentunya posting di blog semakin banyak dan semakin berkualitas. Selain itu, juga setelah sekian lama nge-blog akan ketemu juga blog niche yang merupakan kekhususan blog yang kita tulis.
Ketika umur blog sudah mencapai waktu tertentu, blog yang kita miliki bisa dimanfaatkan untuk memperoleh penghasilan. Penghasilan ini berupa pendapatan dari iklan.
Blog yang kita miliki bisa menjadi penghasilan dengan cara mendaftar sebagai publisher Google Adsense, mengikuti program afiliasi (affiliate marketing), juga menjual produk dan jasa.

Nah itu dia, ternyata banyak hal berguna yang bisa didapat melalui blog. Semoga tulisan ini dapat membuka wawasan dan pembaca menjadi tahu 7 alasan kenapa nge-blog.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "7 Alasan Kenapa Nge-Blog"

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi