Menjelajahi Keindahan Kawah Aktif Darajat di Garut-Jawa Barat

Sign board kawah aktif Darajat-Garut.
Sign board kawah aktif Darajat-Garut.
Kawah aktif Darajat adalah salah satu destinasi wisata andalan Garut. Kawah aktif Darajat Garut merupakan sumber air panas bagi destinasi wisata-wisata air panas di Puncak Darajat. Destinasi unggulan di Puncak Darajat diantaranya adalah : Puncak Darajat, Darajat Pass Waterpark dan Awit Sinar Alam Darajat serta masih banyak lagi destinasi wisata air panas.
Obyek wisata Darajat Pass Garut.
Obyek wisata Darajat Pass Garut.
Alamat kawah aktif Darajat berada di Desa Padawaas ,Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut. Koordinat kawah aktif Darajat berada pada titik S7.228836, E107.728544. Posisi kawah aktif di Google Maps dapat dilihat pada peta berikut. Ketinggian kawah aktif Darajat ini berada pada elevasi 1900 m dpl.


Karena berada di ketinggian pegunungan di Garut, suasana di sekitar kawah aktif Darajat terasa sangat segar cenderung dingin. Selain itu juga, pemandangan alam di sekitar kawah aktif Darajat sangat indah. Darajat merupakan kawasan favorit penggemar fotografi untuk hunting landscape.
Kebun sayuran di kawasan wisata Darajat.
Kebun sayuran di kawasan wisata Darajat.
Kebun sayur di lereng curam berpotensi longsor.
Kebun sayur di lereng curam berpotensi longsor.
Panorama Darajat yang indah.
Panorama Darajat yang indah.
Sebenarnya kawah aktif Darajat ini adalah kawasan terbatas. Artinya tidak bisa sembarang masuk ke area wisata ini karena ada beberapa peraturan yang di berlakukan di kawasan kawah aktif Darajat.

Pertama, pengunjung harus membuat laporan ke pihak security PT Chevron Geothermal Indonesia (PT CGI). Hal ini disebabkan karena kawah aktif Darajat berada dalam pengelolaan PT CGI. Kedua, pengunjung harus didampingi oleh pemandu lokal untuk menjaga hal yang tidak di inginkan selama berada di areal kawah, karena risiko bahaya gas beracun.

Di kawah aktif Darajat terdapat 4 kawah aktif besar yang memiliki suhu yang berbeda-beda. Meskipun suhunya tidak sama, tetapi semua kawah ini berbahaya apabila mengenai tubuh karena bisa melepuh.
Kawah aktif Darajat.
Kawah aktif Darajat.
Kawah aktif di mana-mana
Kawah aktif di mana-mana
Kawah yang paling besar di Darajat
Kawah yang paling besar di Darajat
Kepulan gas membumbung ke atas.
Kepulan gas membumbung ke atas.
Saluran uap panas untuk PLTU PT CGI.
Saluran uap panas untuk PLTU PT CGI.
Karena ada potensi bahaya gas beracun, pengunjung harus waspada selama berada di kawasan kawah aktif Darajat. Selain itu juga, waktu kunjungan ke kawah aktif Darajat dibatasi hanya 30 menit untuk mengantisipasi  hal-hal yang tidak diinginkan.

Kawasan Puncak Darajat ini merupakan destinasi wisata favorit Garut. Hal ini karena Darajat memiliki destinasi wisata lainnya, yaitu : Darajat Indah, Puncak Jaya Darajat, Awit Sinar Alam Darajat, Darajat Pass, Bukit Rejeng Indah Darajat, Lembur Nyingkur Darajat, dan masih banyak lagi tempat wisata yang ada di Kawasan Kawah Darajat.

Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasan malam di Darajat dapat menginap di homestay di Darajat. Selain homestay, tersedia juga hotel di Darajat. Untuk yang ingin berbelanja, sudah tersedia rumah makan dan toko oleh-oleh di Darajat.

Apabila sore dan malam hari di kawasan Kawah Darajat akan berkabut dan udara semakin dingin. Jadi bagi pengunjung yang akan menginap di Darajat, jangan lupa untuk membawa perlengkapan, seperti jaket tebal untuk mengurangi rasa dingin anda saat berada di Darajat.

Dengan segala pesonanya, sempatkan untuk menjelajahi keindahan kawah aktif Darajat di Garut-Jawa Barat.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menjelajahi Keindahan Kawah Aktif Darajat di Garut-Jawa Barat"

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi