9 Tips Menikmati Liburan di Dataran Tinggi Dieng, Negeri Para Dewa

Dieng Plateau atau Dataran Tinggi Dieng adalah salah satu pegunungan di Jawa Tengah yang memiliki pesona luar biasa. Saking indahnya, malah ada yang menyebut Dieng sebagai Negeri Para Dewa.
View Telaga Warna dan Telaga Pengilon dilihat dari Batu Ratapan Angin.
View Telaga Warna dan Telaga Pengilon dilihat dari Batu Ratapan Angin.
Dieng berada di 2 kabupaten, yaitu Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Selain memiliki pesona alam yang luar biasa indah, Dieng juga memiliki pesona budaya.

Karena memiliki keunikan dan keistimewaannya, pada waktu-waktu tertentu, Dieng sangat banyak dikunjungi wisatawan. Agar dapat menikmati liburan di Dataran Tinggi Dieng, berikut ini 9 tips menikmati liburan adi Dataran Tinggi Dieng, Negeri Para Dewa.

Booking Homestay
Pada peak season, biasanya libur Hari Raya Idul Fitri atau Libur Natal, biasanya Dieng dipadati pengunjung. Selain 2 hari raya tersebut, biasanya juga ketika bulan Agustus di puncak musim kemarau, biasanya Dieng juga sangat dipadati pengunjung. Apalagi, biasanya pada bulan Agustus digelar event tahunan berupa Dieng Culture Festival.

Nah, pada waktu-waktu itu, biasanya homestay di Dieng hampir semuanya full-booked. Kenapa homestay ? ya, karena di Dieng tidak ada hotels atau penginapan.

Agar tidak kehabisan homestay, lakukan survey penginapan di Dieng yang sesuai kebutuhan dan budget. Bandingkan fasilitas dan harga dari homestay. Pastikan anda mendapat homestay terbaik sesuai kebutuhan.

Untuk mengetahui daftar homestay di Dieng, dapat click pada tautan ini.

Persiapkan Pakaian atau Baju Hangat
Dataran tinggi Dieng memiliki elevasi rata-rata 2000 m dpl. Konsekuensi berada di ketinggian adalah suhu yang rendah. Pada puncak musim kemarau, suhu pada malam hari dapat mencapai di bawah 0 derajat celcius. Dinginnya suhu ini pada waktu tertentu dapat terjadi embun upas. Embun upas ini turun bak salju di negara sub tropis.

Kondisi suhu yang dingin ini mememerlukan persiapan berupa pakaian tebal (jaket atau sweater) dan selimut yang memadai. Karena resiko dingin adalah terkena hipotermia, atau menurunnya suhu tubuh.

Persiapkan Fisik
Wisata di Dataran Tinggi Dieng adalah wisata di pegunungan, jadi dipastikan topografinya tidak datar. Beberapa tempat Wisata di Dieng membutuhkan ekstra tenaga untuk mencapainya, seperti Puncak Sikunir Dieng atau Gunung Prau.

Untuk menikmatinya, harus mendaki sampai puncak untuk menyaksikan keindahan sunrise dan pemandangannya yang luar biasa. Sunrise di Dieng dikenal dengan Golden Sunrise dan Silver Sunrise.

Untuk menikmati sunrise dan beberapa obyek wisata di Dieng, harus mempersiapkan tenaga, pastikan kondisi tubuh dalam keadaan fit.
Jalan mendaki menuju ke Bukit Sikunir.
Jalan mendaki menuju ke Bukit Sikunir.

Pastikan Kendaraan dalam Kondisi Baik
Dieng adalah salah satu pegunungan yang tinggi di Jawa Tengah. Kondisi topografi yang curam karena berada di ketinggian, geometri jalan berkelok dan memiliki tanjakan dan turunan curam. Kondisi itu, mengharuskan mobil atau motor dalam kondisi baik, baik itu mesin, sistem kemudi, dan rem.
Jalan menuju ke Desa Sembungan, desa tertinggi di Pulau Jawa/

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah kemampuan mengemudi harus cukup baik, mengingat sebegian besar jalan berkelok dan bertopografi curam, ditambah lagi beberapa bagian jalan tanpa pagar pengaman di atas jurang.

Persiapkan Rute Perjalanan
Untuk menuju ke Dataran Tinggi Dieng ada beberapa rute yang dapat dipilih. Apabila mobil dilengkapi GPS, tidak menjadi masalah karena akan sangat mudah menuju ke Dieng. Tetapi apabila menggunakan GPS, pastikan peta yang digunakan sudah up to date.
Ilustrasi rute menuju ke Dieng via Karangkobar.

Rute menuju Dieng, dapat ditempuh melewati Wonosobo atau dari arah Utara dapat melalui Pekalongan. Sebagai ilustrasi, di bawah ini adalah rute menuju ke Dieng dari Jalur Selatan, dari Wangon dan Yogyakarta. Rute ini dapat diakses menggunakan google maps dari perangkat android.





Di bawah ini adalah rute dari Jalur Pantura ke Dieng.




Buat List Obyek Wisata atau Daerah Tujuan Wisata
Dataran Tinggi Dieng memiliki banyak sekali obyek wisata atau daerah tujuan wisata. Ada 20 lebih tempat wisata di Dieng.

Obyek wisata di Dieng terdiri dari : kawah, puncak, gua, danau atau telaga, candi dan museum. Obyek wisata yang paling terkenal adalah : kawah Sikidang, puncak Sikunir, gua Semar, telaga Warna, Candi Arjuna, dan Museum Kaliasa.

Atur waktu sebaik-baiknya dan buat itinerary Dieng agar dapat mengunjungi semua tempat wisata di Dieng yang telah direncanakan.
Kawah Sikidang di Dataran Tinggi Dieng
Kawah Sikidang di Dataran Tinggi Dieng
Candi Arjuna di Dataran Tinggi Dieng
Candi Arjuna di Dataran Tinggi Dieng
Puncak Sikunir di Dataran Tinggi Dieng.
Puncak Sikunir di Dataran Tinggi Dieng.

Menikmati Budaya Dieng
Kebudayaan di Dataran Tinggi Dieng terkenal sangat unik. Salah satu keunikan budaya Dieng salah satunya adalah adanya prosesi cukur rambut gimbal. Untuk menikmati budaya Dieng, sebaiknya berkunjung ke Dieng di bulan Agustus. Pada bulan Agustus, selain cuaca bagus di musim kemarau, juga biasanya digelara event tahunan Dieng Culture Festival.

Di acara Dieng Culture Festival, ditampilkan berbagai kebudayaan Dieng dan pertujukan kesenian yang digelar beberapa hari.

Yang terakhir, jangan malu untuk bertanya atau ngobrol dengan penduduk setempat untuk lebih menggali budaya Dieng.

Menikmati Wisata Kuliner
Di Dataran Tinggi Dieng banyak ditemui kuliner atau makanan Khas Dieng yang sebaiknya anda coba, seperti : Carica, Mie Ongklok, Purwaceng dan sebagainya. Pastikan mencoba semua kuliner Dieng.
Seporsi Mie Ongklok
Seporsi Mie Ongklok

Perhitungkan Cuaca
Liburan ke Dataran Tinggi Dieng adalah wisata alam terbuka dan berada di pegunungan. Kondisi ini sangat tergantung sekali dengan cuaca. Untuk menikmati Dieng, pastikan berkunjung ketika musim kemarau. Musim kemaru biasanya pada bulan Agustus.
Mendung ketika di Puncak Sikunir Dieng.
Mendung ketika di Puncak Sikunir Dieng.
Namun karena memang cuaca tidak dapat ditebak, pastikan membawa jas hujan atau payung agar liburan menikmati Dieng tidak terganggu.

Itulah 9 tips menikmati liburan di Dataran Tinggi Dieng, Negeri Para Dewa. Selamat menikmati liburan ya .....


Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog Visit Jawa Tengah 2016
yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah @VisitJawaTengah
9 Tips Menikmati Liburan di Dataran Tinggi Dieng, Negeri Para Dewa 9 Tips Menikmati Liburan di Dataran Tinggi Dieng, Negeri Para Dewa Reviewed by Ghost Ships on 5:30:00 PM Rating: 5

4 comments:

Terima kasih telah berkomentar

loading...
Powered by Blogger.