9 Tips Memilih Bengkel untuk Service Mobil Kesayangan

Ilustrasi service mobil.
Ilustrasi service mobil.
Memiliki mobil baru dengan tahun keluaran terakhir nampaknya merupakan dambaan hampir setiap orang. Tetapi ketika hanya mobil bekas dengan tahun yang tidak lagi muda, apa yang harus diantisipasi ? ....

Ya, tentunya mobil bekas lebih memerlukan perawatan dan service yang kadang-kadang memakan biaya yang mahal. Berbeda dengan mobil baru yang cukup service rutin saja barangkali.
Ilustrasi service rutin berupa spooring dan balancing.
Ilustrasi service rutin berupa spooring dan balancing.
Untuk mobil bekas atau yang dalam sebuah grup di facebook dikatakan sebagai mobil tua bangka (motuba), memerlukan service, tentunya diperlukan pemilihan bengkel yang tepat agar hasilnya memuaskan. Nah, berikut ini adalah 9 tips memilih bengkel untuk mobil kesayangan.

  • 1. Referensi dari Teman atau Club Mobil
Biasanya penggemar mobil salah satu merk atau yang sudah dikategorikan mobil antik memiliki paguyuban dalam bentuk club mobil. Nah, mereka ini sangat paham betul di mana harus merawat mobil kesayangan. Jarang sekali bengkel referensi dari teman atau dari club mobil ini mengecewakan.

Salah satu club mobil yang sering saya jadikan referensi untuk merawat mobil Great Corolla saya adalah Great Corolla Club.

  • 2. Bengkel Memiliki Banyak Pelanggan
Indikator lain bengkel yang memuaskan pelanggan adalah banyaknya pelanggan. Sangat mudah mengetahui banyaknya pelanggan suatu bengkel. Salah satunya adalah biasanya antrian pelanggan selalu banyak dan panjang.

Selain itu, dipastikan dinding dan lantai di sekitar bengkel yang banyak pelanggannya akan dipenuhi bekas oli atau banyak menyimpan onderdil bekas yang mungkin suatu saat dibutuhkan.

  • 3. Bengkel Memiliki Peralatan yang Lengkap
Peralatan yang lengkap tentunya akan menjadi penunjang sebuah bengkel untuk melakukan service kendaraan secara baik. Soalnya memang ada beberapa bagian part mobil yang memang memerlukan alat khusus.

Belum lagi apabila mobil injeksi sudah menyala check engine. Untuk melakukan service mesin injeksi memang diperlukan peralatan yang lebih lengkap lagi, terutama scanner. Scanner ini diperlukan untuk membaca kode error atau me-reset kode error.

  • 4. Bengkel Menyediakan juga Suku Cadang atau Spare Part
Tidak semua pemilik mobil paham kerusakan mobilnya sebelum masuk ke bengkel. Atau kadang juga sudah tahu kerusakan tetapi ketika membeli suku cadang takut salah. Atau juga kadang ada yang memang malas membeli suku cadang secara terpisah.

Ya, memang sih jika beli suku cadang di bengkel biasanya harganya tidak akan semurah jika kita beli sendiri. Tetapi paling tidak mengurangi resiko beli suku cadang yang salah.

  • 5. Bengkel Memiliki Mekanik yang Cakap
Di beberapa bengkel resmi biasanya akan memajang sertifikat pelatihan yang sudah dijalani oleh mekanik. Nah, di bengkel biasa juga kecakapan mekanik dapat dilihat dari sertifikat pelatihan yang sudah diikuti.

Selain itu, kecakapan mekanik dapat dilihat dari cara kerjanya. Terkadang ketika mekanik masih baru atau baru mulai bekerja akan terlihat kesulitan menyelesaikan pekerjaan.

Ketika melihat mekanik seperti itu, segera bicarakan dengan kepala mekanik atau pemilik bengkel. Gak mau kan mobil kita ditangani oleh yang belum ahli. Salah-salah malah semakin rusak.

  • 6. Mekanik Bengkel Jujur
Nah, ini yang susah dicarikan sekolahnya, ya kejujuran mekanik. Tetapi biasanya mekanik yang jujur dapat dilihat ketika selesai melakukan service. Dia akan menunjukan part yang rusak dan kemasan part yang diganti.

  • 7. Bengkel Memberikan Pelayanan yang Baik dan Garansi untuk Service yang Diberikan
Kebanyakan bengkel memberikan pelayanan yang biasa saja. Dalam arti pelanggan datang, cek kerusakan, proses pengerjaan kemudian bayar.

Nah, bengkel yang memberikan pelayanan yang lebih dapat dijadikan bengkel langganan. Layanan tambahan yang bisa dijadikan pertimbangan, diantaranya : layanan jemput dan antar kendaraan, menyediakan ruang tunggu yang nyaman, disediakan minuman dan makanan ringan selama menunggu.

Ketika selesai dilakukan perbaikan, ada kepala mekanik yang melakukan final check mobil yang baru di-service. Selain itu juga memberikan garansi atas perbaikan yang sama dalam beberapa bulan atau minggu.

  • 8. Harga Jasa Service Tidak Mencekik
Banyak cerita, ketika mogok di tempat tertentu, memang didatangi oleh orang yang mengaku dari bengkel. Memang sangat membantu, tetapi ternyata biaya jasa service dan harga suku cadang-nya luar biasa mahal.

Nah, bengkel dengan harga yang wajar menurut perbandingan dengan bengkel umum dapat dijadikan pilihan untuk merawat mobil

  • 9. Bengkel Memiliki Lokasi yang Strategis
Memang sih banyak bengkel terkenal bertebaran di sepanjang jalan. Tetapi nampaknya apabila bengkel berada di jalan yang rawan macet atau di daerah yang susah dicari alamatnya akan membuat sebagian calon pelanggan mengurungkan niatnya untuk service mobil.

Bengkel yang berada di jalan yang mudah dicari atau tidak macet, kemudian memiliki tempat parkir yang cukup dapat dijadika pilihan untuk merawat mobi.

Demikian 9 tips memilih bengkel untuk mobil kesayangan. Semoga dapat menemukan bengkel yang terbaik yang dapat membantu merawat mobil kesayangan.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "9 Tips Memilih Bengkel untuk Service Mobil Kesayangan"

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi