Pesona Keindahan Pantai Drini Gunungkidul

Salah satu pantai indah di Gunungkidul yang memiliki kekhasan pantai selain Pantai Baron dan Pantai Indrayanti adalah Pantai Drini. Keistimewaan Pantai Drini adalah terdapat sebuah pulau kecil yang menjadi pemisah antara Pantai Barat dan Pantai Timur. Nah, pulau inilah yang merupakan asal usul nama Pantai Drini. Ya, karena pulau kecil itu dinamakan Drini, jadilah terkenal dengan Pantai Drini.
Gazebo di pasir putih Pantai Drini Gunungkidul.
Gazebo di pasir putih Pantai Drini Gunungkidul.

Alamat Pantai Drini berada di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jarak Pantai Drini dari Yogyakarta sekitar 60 km dan dapat ditempuh dalam 2-3 jam. Koordinat Pantai Drini adalah S8.13761 E110.57679. Peta Pantai Drini dapat dillihat pada google maps di bawah ini.



Menikmati keindahan Pantai Drini ketika laut surut kita dapat menyeberang ke Pulau Drini. Untuk menaiki Pulau Drini juga tidak perlu memanjat dan mendaki tebing karang, karena sudah tersedia tangga beton menuju puncak Pulau Drini.

Pulau Drini ini menjadi pemisah Pantai Drini seperti 2 bagian. Pantai Barat yang memiliki ombak besar yang merupakan tempat berlabuh perahu nelayan. Dan Pantai Timur yang memiliki pantai pasir putih dan bersih.
Deretan bukit karang di bagian Timur Pantai Drini.
Deretan bukit karang di bagian Timur Pantai Drini.
Apabila kita berjalan sepanjang Pantai Drini ketika surut, kita dapat menikmati berbagai biota laut yang seperti terjebak di kubangan-kubangan karang yang ada di pantai. Segerombolan ikan berbagai jenis nampak seperti bermain petak umpet di sela-sela terumbu karang ketika kita melewati genangan. Pantai Drini ketika surut nampak seperti aquarium air asin raksasa dengan berbagai jenis ikan. Jenis ikan hias yang banyak terdapat di Goby Pasir, Jambrong, dan Sergeant Major.

Setelah puas menikmati sekeliling Pantai Drini, kita dapat beristirahat sambil menikmati indahnya pantai di gazebo-gazebo yang terdapat di sepanjang pantai. Gazebo di Pantai Drini ini unik, karena terbuat dari kayu dan beratap ilalang. Sambil beristirahat, akan lebih segar apabila sambil menikmati kelapa muda. Selain itu, dengan adanya pendaratan perahu nelayan akan memudahkan memperoleh ikan segar yang apabila dibakar di pinggir pantai akan terasa lebih nikmat.
Pulau Drini dengan foreground gazebo Pantai Drini.
Pulau Drini dengan foreground gazebo Pantai Drini.
Dengan kondisi pantai yang indah dan didukung dengan ketersediaan infrastruktur pendukung dan mulusnya jalan menuju Pantai Drini membuat sayang sekali kalau tidak sempat menikmati pesona keindahan Pantai Drini di Gunungkidul.
loading...

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Pesona Keindahan Pantai Drini Gunungkidul"

Alam Priangan said...

Pantai2 di Gunung Kidul memang indah. Plus jalannya mulus... haha..

Ghost Ships said...

Betul Gan ... mulus...

peri tasik said...

Tara ngajak 😂

Ghost Ships said...

Eta mah foto lama hehehe

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi