Seekor Paus Besar Terdampar di Pantai Pamayangsari Cipatujah Tasikmalaya

Foto Paus yang terdampar di Tasikmalaya (Jumat, 22/7/2016).
Foto : Kabar Priangan Online.

Seekor paus besar dengan berat sekira 6 ton terdampar Pantai Pamayangsari, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat pada hari Jumat (22/7/2016) pada pukul 04:00 pagi. Paus tersebut berukuran panjang 8,5 m dan besarnya hampir sebesar angkutan kota (angkot). Paus tersebut masih dalam kondisi hidup meskipun tampak lemah ketika terdampat. Pada siripnya terlihat luka. Luka tersebut diperkirakan karena terhempas ke karang ketika terdampar ke pantai.

Karena masih hidup, nelayan setempat dibantu warga yang difasilitasi kapal dari BPBD Kabupaten Tasikmalaya berupaya menarik mamalia raksasa tersebut kembali ke tengah laut. Sejak paus terdampar sampai proses evakuasi, menjadi tontonan warga di Pantai Pamayangsari-Cipatujah Tasikmalaya.

Berkat bantuan nelayan akhirnya paus tersebut dapat terselamatkan kembali ke tengah laut. Paus berhasil dikembalikan ke tengah laut pada hari Sabtu (23/7/2016) pada pukul 10 siang. Menurut warga dan nelayan setempat, sampai Sabtu sore tidak nampak lagi paus tersebut.

Nelayan bersama warga bergotong-royong menarik paus yang terdampar tersebut ke tengah laut karena menyadari bahwa paus merupakan mamalia yang dilindungi.

Menurut wikipedia, paus tidak dikelompokak ke dalam ikan tetapi sebagai mamalia. Dikelompokan sebagai mamalia karena memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  • bernapas menggunakan paru-paru
  • mempunyai rambut (sedikit, kebanyakan ada di paus dewasa)
  • berdarah panas
  • mempunyai kelenjar susu
  • mempunyai jantung dengan empat ruang

Paus termasuk hewan yang dilindungi karena kelangkaannya. Sikap nelayan Pamayangsari yang berupaya mengembalikan paus yang terdampar di Pantai Pamayangsari Cipatujah Kabupaten Tasikmalaya perlu mendapat apresiasi.
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Seekor Paus Besar Terdampar di Pantai Pamayangsari Cipatujah Tasikmalaya"

Terima kasih telah berkomentar

adnow

loading...

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi