Menikmati Sensasi Pedasnya Kupat Tahu Mangunreja di Tasikmalaya

Selain terkenal dengan bordiran dan kota santri, ternyata Tasikmalaya juga memiliki beragam kuliner yang rasanya nikmat dan lezat. Selain memiliki berbagai baso, bubur ayam, juga Tasikmalaya memiliki kuliner yang khas yaitu kupat tahu.
Menikmati Sensasi Pedasnya Kupat Tahu Mangunreja di Tasikmalaya
Kupat Tahu Mangunreja.
Kupat tahu yang paling legendaris di Tasikmalaya adalah Kupat Tahu Mangunreja.
Ibu penjual Kupat Tahu Mangunreja.
Ibu penjual Kupat Tahu Mangunreja.
Alamat Kupat Tahu Mangunreja berada di Jalan Raya Mangunreja (Jl.Raya Tasikmalaya-Garut), Kampung Toblongan, Desa Mangunreja Kabupaten Tasikmalaya. Mangunreja berada antara Tasikmalaya dengan Garut. Untuk lebih jelasnya, dapat melihat peta pada Google Maps di bawah ini.



Papan petunjuk Kupat Tahu Mangunreja.
Papan petunjuk Kupat Tahu Mangunreja.
Dalam satu porsi Kupat Tahu Mangunreja terdapat potongan tahu yang masih hangat dan kupat yang disiram bumbu kacang dan ditaburi bawang goreng. Bumbu kacangnya kental. Komposisi bumbu Kupat Tahu Mangunreja terdiri dari berbagai rempah-rempah seperti bawang daun, kacang tanah, parutan kelapa, cabe, garam, gula aren, asem dan santan. Kupat Tahu Mangunreja memiliki ciri khas bumbu yang gurih dan pedas membuat penikmatnya ketagihan.

Kupatnya sendiri, memiliki tekstur yang kenyal empuk sehingga memudahkan saat menyantapnya dan tentunya rasanya lebih lezat. Kupat ini terbuat dari 100 % beras asli. Selain itu, Kupat Tahu Mangunreja dapat juga disantap bersama nasi.

Menu tambahan yang dapat disantap bersama Kupat Tahu Mangunreja adalah kerupuk, bakwan atau bala-bala dan toge tentunya.

Jika melihat hal itu, tentunya ada pertanyaan, apa sih istimewanya Kupat Tahu Mangunreja dibandingkan dengan kupat tahu yang sudah banyak dijual di mana-mana ?

Bumbu Kupat Tahu Mangunreja memiliki aroma yang menggugah selera dan wangi rempah-rempah yang khas. Bumbu utamanya adalah bumbu kacang yang diracik secara khusus, tidak diblender tetapi ditumbuk. Selain itu, dalam proses pemasakannya tidak menggunakan kompor, tetapi dari sejak awal sampai sekarang mempertahankan tetap menggunakan tungku kayu bakar, sehingga memberikan aroma yang khas.
Kayu bakar untuk  memasak Kupat Tahu Mangunreja.
Kayu bakar untuk  memasak Kupat Tahu Mangunreja.
Tungku menggunakan kayu bakar untuk memasak Kupat Tahu Mangunreja.
Tungku menggunakan kayu bakar untuk memasak Kupat Tahu Mangunreja.
Kupat Tahu Mangunreja yang ada sekarang ini merupakan generasi yang ketiga. Pada awalnya, kupat tahu Mangunreja pertama kali berjualan sejak zaman Belanda. Waktu itu masih berjualan keliling dengan cara dipikul. Hingga akhirnya sekarang telah memiliki tempat berjualan yang menetap.

Nah, dengan kekhasan itulah yang membuat Kupat Tahu Mangunreja menjadi terkenal ke berbagai kota lain. Apabila berkunjung ke Tasikmalaya, jangan lupa untuk  menikmati sensasi pedasnya Kupat Tahu Mangunreja.

***semua foto dihasilkan dari kamera HP Asus Zenfone 2***
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Menikmati Sensasi Pedasnya Kupat Tahu Mangunreja di Tasikmalaya"

  1. Cari teman namanya fitri abraham dan susan rumahnya dibelakang kupat tahu mangunreja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga bisa ketemu ya Gan ... saya kebetulan tidak kenal dan tidak mengetahui keberadaan fitri abraham dan susan.
      tks

      Delete

Terima kasih telah berkomentar

adnow

loading...

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi