Menikmati Keindahan Telaga Warna-Dieng dari Ketinggian

Telaga Warna merupakan salah danau atau telaga terbaik dari dataran tinggi DiengKoordinat Telaga Warna pada S7.21484 E109.91293. Telaga Warna berada di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah. Jaraknya sekitar 25 km dari pusat kota Wonosobo.
Keindahan Telaga Warna Dieng dilihat dari Bukit Ratapan Angin.
Keindahan Telaga Warna Dieng dilihat dari Bukit Ratapan Angin.
Elevasi Telaga Warna Dieng berada di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut. Meskipun berada di ketinggian pegunungan, tidak menghalangi minat wisatawan untuk mengeksplorasi keunikan dan keindahan panorama alam Telaga Warna.

Telaga Warna Dieng memiliki keunikan tersendiri yaitu warna permukaan telaganya yang dapat berubah sewaktu-waktu dengan dominasi warna hijau kebiruan serta putih yang merupakan refleksi endapan belerang di dasarnya.Pemandangan danau yang tenang dengan permukaan air yang hijau dikelilingi vegetasi dan pohon-pohon rindang yang dipadukan dengan pantulan cahaya matahari yang akan membiaskan warna danau bak pelangi menjadi keunikan Telaga Warna.

Selain itu, di Telaga Warna juga terdapat letupan air mendidih di tengah-tengah telaga seperti yang terjadi di Kawah Putih, Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Telaga lain yang berada di sebelah Telaga Warna adalah Telaga Pengilon. Selain danau, terdapat juga goa-goa alam yang diselimuti aroma mistis juga bisa anda ditemui di sekeliling Telaga Warna seperti Goa Semar, Goa Sumur, dan Goa Jaran.

Menikmati keindahan Telaga Warna dari tepi danau nampaknya sudah menjadi mainstream. Nah, agar dapat menikmati keindahan Telaga Warna dengan nuansa lain, cobalah memanjat ke Batu Ratapan Angin.
Selfie di atas Bukit Ratapan Angin.
Selfie di atas Bukit Ratapan Angin.
Batu Ratapan Angin pintu masuknya berada persis di sebelah Dieng Plateau Theater. Koordinat pintu masuk ke Batu Ratapan Angin adalah S7.21688 E109.91507. Berjalan naik sedikit melewati jalan setapak, dan langsung menikmati keindahan Telaga Warna dan Telaga Pengilon dari ketinggian.
Jalan setapak menuju Bukit Ratapan Angin.
Jalan setapak menuju Bukit Ratapan Angin.
Selain dapat berswafoto atau selfie di atas batu, juga dapat dilakukan di atas Jembatan Merah Putih. Jangan khawatir jatuh, karena tersedia pemandu dan dilengkapi dengan peralatan keselamatan ketika melintasi Jembatan Merah Putih di Dieng ini.
Jembatan Merah Putih di Dieng
Jembatan Merah Putih di Dieng
Ketika mengunjungi Batu Ratapan Angin, pengunjung harus sangat berhati-hati. Baik dalam melangkah maupun ketika mengambil foto. Karena bukit ini berada di atas ketinggian dan jurang  menganga di salah satu sisinya.

Selain sudah dilengkapi dengan papan petunjuk arah dan jalan setapak yang memadai, juga sudah tersedia fasilitas MCK. Bagi yang ingin menikmati Bukit Ratapan Angin ketika malam, sudah tersedia juga camping ground yang dapat memuat sampai 10 tenda.

Selain dapat dinikmati dari Batu Ratapan Angin, Telaga Warna ini akan nampak sangat indah juga jika dilihat dari Bukit Sidengkeng Petak 9. Koordinat Bukit Sidengkeng ini adalah S7.21211 E109.91313.

Wisata danau lainnya di sekitar Telaga Warna dan Telaga Pengilon di Dieng adalah : Telaga Cebong, Telaga Merdada, Telaga Dringo, Telaga Swiwi, dan Telaga Menjer.

Jangan lupa ketika menikmati keindahan Telaga Warna Dieng dari ketinggian ini selalu menjaga ketertiban dan kebersihan lingkungan ya ....
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Menikmati Keindahan Telaga Warna-Dieng dari Ketinggian"

Paket Wisata Dieng said...

kalau ke bukit sidengkeng itu bagusnya kalau pas setelah turun hujan tapi kondisi cuacanya cerah.. good luck banget deh

Ghost Ships said...

Saya blm ke Sidengkeng Mas hehehe, nanti kunjungan berikut ah hehehe ...
Ini di Bukit Ratapan Angin

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi