Jalur Lintas Selatan Jawa Barat Dilayani Bis Budiman dan Damri

Ilustrasi Bis Damri. Foto : SwaraPangandaran.

Nampaknya kabar baik buat warga pesisir Selatan Jawa Barat, karena jalan di sepanjang pesisir Selatan Jawa Barat mulai dihidupkan dengan beroperasinya 2 bis, yaitu PO Budiman dan Damri.

Berita mulai beroperasinya bis Damri  jurusan Pangandaran - Sindangbarang, Kabupaten Cianjur sejak Februari tahun 2016 ini dirilis Republika Online. Sebanyak tujuh kecamatan di Kabupaten Garut dilalui trayek bis Damri tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Garut, Wahyudijaya mengatakan saat ini baru dua unit Bis Damri yang beroperasi. Targetnya sebanyak delapan armada bis yang akan beroperasi di jalur selatan. Satu bis mempunyai kapasitas 55 tempat duduk. Trayek yang diaktifkan di jalur selatan tersebut merupakan kewenangan Dishub Provinsi Jawa Barat.

Menurutnya, warga di wilayah selatan sangat mengapresiasi adanya transportasi umum yang beroperasi di jalur selatan. Wahyudijaya menerangkan, saat ini tinggal melengkapi infrastrukturnya saja. "Nanti akan kami bangun subterminal yang rencananya ada di Kecamatan Cisewu," kata Wahyudijaya kepada Republika.co.id, Selasa (12/4).

Lahan seluas satu hektare telah disiapkan pihak Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut. Pihaknya pun akan menyiapkan anggaran sekitar Rp 4 miliar untuk pembangunan subterminal tersebut di sana. Namun, anggaran yang disediakan secara bertahap. Sebab, dana yang ada juga terbatas.

Selain di Cisewu, sebenarnya sudah ada terminal di Kecamatan Pameungpeuk. Wahyudijaya mengatakan, hanya saja perlu ada pembenahan terminal di Kecamatan Pameungpeuk karena kondisinya kurang terawat. Menurutnya, idealnya ada tiga titik lokasi terminal yakni di Cisewu, Bungbulang dan Pameungpeuk.

"Ketiga terminal itu bisa jadi titik pengumpan ke jalur Bis Damri," ujar Wahyudijaya.

Selain jalur yang telah ada, menurut Wahyudijaya perlu adanya pengembangan jalur lain. Pihak Damri pun telah meminta kepada Dishub untuk menyiapkan angkutan penumpang ke jalur yang dilintasi Bis Damri. Dishub Kabupaten Garut sudah memberikan penawaran ke para pengusaha angkutan. Jadi, nantinya jalur selatan bisa ramai sesuai keinginan pihak provinsi.

Selain Bis Damri, pihak PO Budiman (Bis Budiman) juga telah membuka trayek di jalur selatan. Jurusannya Pangandaran - Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi. Saat ini sudah ada satu sampai dua Bis Budiman yang beroperasi di jalur pesisir selatan Jawa Barat.

Semoga dengan beroperasinya Bis Budiman dan Damri di jalur lintas Selatan Jawa Barat ini dapat memperlancar arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2016.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Jalur Lintas Selatan Jawa Barat Dilayani Bis Budiman dan Damri"

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi