Pengalaman Service Dinamo Starter Great Corolla

Service dinamo starter dan wiper Great Corolla
Service dinamo starter dan wiper Great Corolla
Great Corolla memang sudah dikategorikan mobil tua, meskipun masih tampak sedap dipandang. Ya, tua karena memang usianya sudah 22 tahun. Resiko mobil tua adalah perawatan memang harus ekstra karena memang dari segi ketahanan suku cadang pasti ada batas ambang toleransi umur pemakaian. Meskipun demikian, selama hampir 5 tahun merawat Great Corolla tidak ada keluhan yang berarti.

Nah, beberapa hari ini ada sedikit masalah di wiper-nya, yaitu speleng yang agak besar sehingga ketika menyapu kaca, bilah wiper akan menghantam list kaca di bawahnya. Suaranya sangat mengganggu sekali dan dikhawatirkan bilah wiper lepas atau malah patah.

Udah gitu, eh nambah starter mulai sedikit bermasalah. Great Corolla agak susah distarter. Kecurigaan awal adalah aki yang sudah mulai rusak karena memang umurnya sudah 2 tahun. Ketika diperiksa di Shop and Drive memang kondisi aki sudah agak kurang sehat tapi diperkirakan masih bisa bertahan sampai 2 bulan.

Dari informasi teman, ternyata wiper bisa diperbaiki di tukang service dinamo. Dan memang ternyata bisa memperbaiki. Nah, ketika itu tukang service dinamo memindahkan mobil, ketika dengar suara starter yang berat, dia bilang kayaknya dinamo starter harus diperbaiki sekalian. Soalnya diperkirakan kul dinamo starter sudah tipis.

Ya, udahlah sekalian service bongkar sekalian tuh wiper dan dinamo starter.

Dan memang ternyata motor wiper dan dinamo starter dalamnya sudah sangat kotor sekali. Kul sudah tipis. Menurut tukang service dinamo, kondisi dinamo starter yang kotor dan kul yang tipis ini akan membuat mobil berat ketika distarter. Keluhan akan semakin terasa sulit distarter ketika mesin panas.

Dinamo starter dibersihkan dan diganti kul-nya. Setelah diganti, efeknya terasa banget, mobil menjadi mudah distarter. Starter menjadi ringan. Dan yang paling penting, ketika mesin panas mobil mudah distarter.

Saran tukang service dinamo memang semua jenis dinamo paling tidak setahun sekali harus di-service untuk minimal dibersihkan dari kotoran yang ada di dalam. Sehingga kontak konektor tetap terjaga. Selain itu juga kul memang pasti habis sejalan dengan waktu.
Pengalaman Service Dinamo Starter Great Corolla Pengalaman Service Dinamo Starter Great Corolla Reviewed by Ghost Ships on 5:39:00 PM Rating: 5

4 comments:

  1. kena berapa gan? benerin dinamo wipper?

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. saya sih yg deket aja di Komar Dinamo, jl Perintis Kemerdekaan Tasikmalaya, seberang Kurnia Oli

      Delete

Terima kasih telah berkomentar

loading...
Powered by Blogger.