Menikmati Pesona Kejernihan Sungai Cireong di Sindangkasih Ciamis

Sungai Cireong yang berada di Kp. Cireong Desa Sukaresik Kecamatan Sindangkasih Kabupaten Ciamis, adalah sebuat tempat wisata alam baru yang masih perawan. Sungai Cireong tersembunyi di kaki Gunung Sawal dan berdampingan dengan Gunung GolkarKoordinat sungai Cireong ada pada S7.27036 E108.25556.
Foto jembatan bambu di atas sungai Cireong-Sindangkasih Ciamis
Jembatan bambu di atas sungai Cireong-Sindangkasih Ciamis

Sungai Cireong memiliki pesona tersendiri karena selalu berair jernih sekalipun pada musim hujan. Nampaknya kejernihan ini hasil dari bagusnya vegetasi hutan di hulu sungai Cireong. Sungai Cireog memang tersembunyi di balik rimbunnya vegetasi hutan.
Kejernihan sungai Cireong
Kejernihan sungai Cireong
Sungai Cireong yang berair jernih menyajikan pesona keindahan tersendiri, ditambah pemandangan alam sekitar yang indah yang masih belum banyak terjamah. Sungai Cireong mengalir melewati Mandalika dan akhirnya bermuara di Sungai Citanduy
Wisatawan lokal di Sungai Cireong dari Cikoneng-Ciamis.
Wisatawan lokal dari Cikoneng-Ciamis.
Main air di sungai Cireong
Main air di sungai Cireong
Meskipun sudah mulai dikenal di kalangan wisatawan lokal, tetapi nampaknya sungai Cireong belum dikelola dengan baik untuk dikembangkan menjadi sebuah obyek wisata. Hal ini dilihat dari minimnya fasilitas yang tersedia di lokasi. Meskipun demikian, di Sungai Cireong sudah tersedia lahan parkir, MCK dan Mushola sederhana yang dikelola oleh warga setempat.
Tempat parkir di Sungai Cireong
Tempat parkir di Sungai Cireong
Menurut Pak Oyo, warga Kp. Cireong, dalam 10 tahun ini tidak pernah terjadi banjir bandang yang membahayakan di sungai Cireong. Meskipun demikian, mengingat belum tersedianya perangkat keselamatan dan petugas penyelamat, sebaiknya pengunjung berhati-hati apabila hujan turun dan air sungai agak berubah warna menjadi sedikit kecoklatan. Apabila ada tanda demikian, segeralah menepi dan naik ke tempat yang lebih tinggi.

Untuk menuju ke Sungai Cireong, aksesibilitas jalan sudah beraspal baik. Meskipun demikian, sebaiknya berhati-hati karena jalan sempit dan topografi sedikit menanjak dan di beberapa titik ada jurang di sisi jalan yang belum diberi pagar pengaman.
Arah jalan menuju ke Sungai Cireong dari jalan Nasional Bandung-Banjar.
Apabila dari arah Barat (Bandung atau Tasikmalaya), belok ke arah Utara pada koordinat S7.30202 E108.24106 atau pada koordinat S7.30503 E108.24861. Selanjutnya mengarah ke Utara sampai ke pertigaan pada koordinat S7.29688 E108.24824, ikuti terus jalan utama sampai ke tempat parkir Sungai Cireong pada koordinat S7.27036 E108.25556.
Pertigaan sebelum obyek wisata Cireong,
Ketika mengunjungi sungai Cireong, hal menarik yang dapat dilakukan adalah yang pasti berenang di sungai menikmati kejernihan airnya. Selain itu juga dapat dilanjutkan dengan hiking ke arah hulu sungai Cireong menyusuri pematang sawah dan pinggiran sungai.

Selain berenang dan hiking, topografi dan kondisi jalan di sekitar sungai Cireong cocok bagi yang suka bersepeda gunung.
Sungai Cireong cocok untuk memotret slow speed.
Sungai Cireong cocok untuk memotret slow speed.
Menyusuri tepi sungai Cireong ke arah hulu
Menyusuri tepi sungai ke arah hulu
Keindahan alam sungai Cireong tentunya juga cocok bagi yang memiliki hobi fotografi. Sungai Cireong banyak memiliki spot menarik untuk kegiatan fotografi, seperti : landscape, human interest, makro dan slow speed tentunya. Tetapi memang  kekurangannya adalah belum tersedia kuliner menarik di Sungai Cireong.

Demikian sekelumit pesona kejernihan sungai Cireong di Sindakasih Ciamis. Selamat menikmati liburan ya......
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Menikmati Pesona Kejernihan Sungai Cireong di Sindangkasih Ciamis"

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

adnow

loading...

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi