Menjajal Track Trabas Trail Adventure di Lereng Gunung Galunggung

Persiapan trabas trail adventure di lereng Gn. Galunggung.

Musim hujan begini memang surganya bagi penyuka trabas trail adventure. Rute yang biasanya sepi-sepi saja, mendadak menjadi ramai setiap akhir pekan. Track trabas trail adventure menjadi semakin ramai ketika long week end.

Salah satu rute track trabas trail adventure di Tasikmalaya adalah ke arah lereng Gunung Galunggung. Track ini merupakan kombinasi antara jalan batu kerikil, berpasir dan tanah merah yang licin. Kombinasi rute ini semakin  menantang dengan ekstrimnya topografi di lokasi trabas trail adventure di lereng Gunung Galunggung ini.

Vertical profile track trabas trail adventure di lereng Gn. Galunggung.

Rute trabas ini melewati saluran inspeksi irigasi, jalan kampung, jalan setapak di tepi hutan dan menyeberangi sungai.

Screen capture google earth rute trabas lereng Gn. Galunggung.

Titik akhir track trabas trail adventure ini adalah hutan pinus di kawasan hutan Perum Perhutani RPH Cigalontang, BKPH Singaparna KPH Tasikmalaya. Di titik akhir ini tersedia warung yang bisa menyediakan makan siang dan tersedia fasilitas mushola dengan ketersediaan air yang memadai. Finish track trabas trail adventure lereng Gn. Galunggung ini pada koordinat S7.30082 E108.01044.

Jika melihat di google earth, ternyata lokasi finish ini berada tidak jauh dari pusat gempa Tasikmalaya tahun 1989. Jaraknya hanya sekitar 500 m saja.

Finish di kawasan hutan pinus Perum Perhutani

Berdekatan dengan pusat gempa Tasikmalaya tahun 1989.

Karena berada tidak jauh dari pusat gempa, artinya tanahnya memang labil pergerakan tanah. Hal ini yang harus diwaspadai oleh setiap orang yang ikut dalam trabas di track ini. Tetapi jangan khawatir karena sepanjang track ini tersedia 2 warung dan 1 titik evakuasi di tempat yang rawan. Di kedua warung ini selain menyediakan logistik, juga siap pemuda setempat dengan bantuan evakuasi.

Selfie di titik finish dalam kawasan hutan pinus

Warung tempat istirahat yang menyediakan makan siang.

Foto bersama dengan background warung dan mushola.

Mushola dengan air yang melimpah

Menu makan siang sederhana tetapi nikmat.

Rute ini termasuk rute dengan tingkat kesulitan yang lumayan buat pemula seperti saya. Karena memang topografi curam dengan kombinasi tanjakan dan turunan yang curam serta menyeberangi sungai.

Track menyeberangi sungai setelah turunan curam dan siap menghadapi tanjakan curam.

Rasanya cukup puas dengan menjajal track trabas trail adventure di lereng Gunung Galunggung ini. Topografinya cukup menguras energi dan memacu adrenalin.

*Semua foto dihasilkan dari kamera HP Asus Zenfone 2. Track log menggunakan gps Garmin 60CSx.
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Menjajal Track Trabas Trail Adventure di Lereng Gunung Galunggung"

Terima kasih telah berkomentar

adnow

loading...

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi