Menjajal Rute Pangandaran - Yogyakarta via Jalur Daendels (Jalan Lintas Selatan Jawa)

Bagi sebagian orang, mungkin Jalan Daendels atau Jalan Petanahan atau Jalan Lintas Selatan Jawa kurang begitu dikenal. Kedengarannya memang asing. Tetapi sebenarnya jalur jalan tersebut merupakan jalur sejarah.

Jalur Lintas Selatan Jawa atau Daendels ini dibangun oleh Herman Willem Daendels. Daendels adalah Gubernur Jenderal keturunan Perancis pada masa kolonialisasi Belanda di Indonesia.

Daendels banyak sekali berkontribusi dalam pembangunan jalan, terutama di Jawa. Jalur jalan yang terkenal adalah jalur Anyer – Panarukan yang dikenal dengan jalur Pos. Jalur lain dibangun oleh Daendels adalah jalur Pantai Selatan Jawa Tengah atau jalur Selatan Selatan Jawa Tengah.

Jalur jalan ini  menghubungkan Yogyakarta dengan Cilacap sepanjang 117 km. Rute jalan ini melaui MiritAmbal dan pantai Ayah.

Screen capture rute Pangandaran-Yogyakarta via JLS sepanjang sekitara 240 km.
Screen capture rute Pangandaran-Yogyakarta via JLS sepanjang sekitara 240 km.

Jalur merupakan jalur mudik alternatif, terutama ketika peak season mudik, seperti Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran, Libur Natal dan Tahun Baru. Karena biasanya jalan Nasional Lintas Selatan yang biasa dilalui akan dipenuhi kemacetan pada saat puncak mudik.

Kekurangan jalur jalan Daendels ini adala kondisinya agak sedikit rusak di beberapa ruas dan berkelok di beberapa titik. Selain itu, jalur jalan ini minim marka dan rambu, tidak terdapat bengkel besar dan SPBU hanya terdapat di dekat Pantai Ayah.

Panduan Rute
Apabila perjalanan dimulai dari Pangandaran, maka belokan pertama ada di Kalipucang. Kalipucang berada di perbatasan Jawa Barat dengan Jawa Tengah. Pada koordinat S7.63874 E108.75268 berbeloklah ke arah Timur menuju arah Cilacap. Perbatasan Jabar-Jateng ditandai dengan jembatan Pancimas.

Jembatan Pancimas perbatasan Jawa Barat-Jawa Tengah di Kalipucang, Pangandaran
Jembatan Pancimas perbatasan Jawa Barat-Jawa Tengah di Kalipucang, Pangandaran

Persimpangan selanjutnya adalah di Sidareja,  pada koordinat S7.48523 E108.79164 belok ke arah Timur di lampu lalu lintas Terminal Sidareja. Selanjutnya di Jeruk Legi berbelok pada koordinat S7.61374 E109.01929 belok ke arah Selatan menuju Cilacap. Di kota Cilacap pada koordinat S7.66148 E109.04770 belok kanan, pada koordinat S7.66762 E109.03984 lurus terus, S7.68652 E109.04177 belok kiri, selanjutnya S7.65163 E109.11812 belok kanan (arah Timur), S7.65949 E109.15166 lurus, S7.71603 E109.38879 lurus menuju Pantai Ayah, Nah, setelah Pantai Ayah tinggal ikuti saja jalan yang ada, Setelah itu adalah jalan lurus tidak ada belokan sama sekali sampai ke Bantul ....

Waspadai jalan antara koordinat S7.71675 E109.39476 sampai dengan S7.74755 E109.46925 karena jalan sempit dan berkelok dengan topografi curam.

Jalan berliku sekitar Pantai Ayah.
Jalan berliku sekitar Pantai Ayah.

Obyek Wisata
Ada banyak sekali obyek menarik atau point of interest (POI) sepanjang perjalanan yang bisa dijadikan tempat untuk beristirahat sambil memotret tentunya.

Yang terdekat dengan Pangandaran adalah Jembatan Cikacepit. Jembatan kereta api ini memang sudah tidak digunakan sejak tahun 80-an. Jembatan ini merupakan jalur kereta api Banjar-Cijulang pada masanya.

Sunrise in Cikacepit #1. Jembatan kereta api Cikaepit di Kalipucang, Pangandaran
Jembatan kereta api Cikaepit di Kalipucang, Pangandaran

Memasuki Kabupaten Cilacap, obyek menarik pertama adalah rest area Kubang Kangkung. Rest area ini dulunya adalah sebuah danau atau semacam rawa yang tidak terawat, sekarang menjelma menjadi sebuat rest area yang nyaman disinggahi.

Rest Area Kubang Kangkung #3. Rest Area Kubang Kangkung-Cilacap
Rest Area Kubang Kangkung-Cilacap

Setelah memasuki kota Cilacap, sebenarnya banyak sekali obyek wisata yang bisa disinggahi, tetapi posisinya agak jauh ke arah Selatan. Obyek wisata yang terdekat dengan lintasan yang dilewati adalah Wisata Hutan Payau. Wisata Hutan Payau ini adalah hutan mangrove yang berada di Tritih.

We are Forester di #hutan #mangrove #cilacap Wana Wisata Hutan Payau Tritih-Cilacap
Wana Wisata Hutan Payau Tritih-Cilacap

Setelah melewati Pantai Ayah, bersiaplah menghadapi jalan berliku dengan kontur curam. Tetapi meskipun kontur curam dan jalan sempit, pemandangan sangat indah di sisi Selatan, karena berhadapan dengan laut Selatan.

Ayah Beach as seen from the top #selfie  #landscapes  #asus #asuszenfone2  #eksplorejateng
Selfie di atas Pantai Ayah

Sepanjang jalur jalan ini terdapat lebih dari 20 obyek wisata yang menarik dan masih perawan. Untuk yang memerlukan koordinat obyek-obyek wisata tersebut dapat meninggalkan alamat email pada komentar or isi form di kontak dan koordinat akan dikirim via email.

Selamat menikmati rute Pangandaran-Yogyakarta via Jalur Daendels atau Jalan Lintas Selatan Jawa.
Menjajal Rute Pangandaran - Yogyakarta via Jalur Daendels (Jalan Lintas Selatan Jawa) Menjajal Rute Pangandaran - Yogyakarta via Jalur Daendels (Jalan Lintas Selatan Jawa) Reviewed by Ghost Ships on 6:40:00 AM Rating: 5

18 comments:

  1. Nyobain ah.. Mei liburnya panjang2 tuh

    ReplyDelete
  2. @Unknown : sejauh yg saya tau aman Gan ..., saya 3 kali lewat JLS, sekalinya sore hari, aman dan pemandangan lebih indah terutama yg sktr Karang Bolong ...

    ReplyDelete
  3. Itu jalan yg setiap hari saya lewatin gan mulai adipala sampai gamping sleman

    ReplyDelete
  4. @Putralembahserang : betul Gan ... view-nya cakep... saya 3 kali lewat jalur itu ... tiap hari Adipala-Sleman Gan ? wah cape dong Gan ....

    ReplyDelete
  5. Mohon info untuk jalur selatan apakah jalan sudah baik gan? Krn menurut informasi yg ane dapet terakhir jln masih rusak berat... makasih gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari mulai Palabuhanratu sampe Pacitan sudah bagus. Sedikit rusak sktr Ambal tp awal tahun sedang perbaikan dan sudah giling basah.
      Akternatif jalur mudik Gan

      Delete
  6. untuk arus mudik dan arus balik tahun 2016 ini kondisi terakhir jalannya gimana gan? mohon sekali infonya, tks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info di bawah Ane katanya ufah mulus Gan

      Delete
  7. gan jalan JLLS jogja sampai Cilacap sudah mulus.... terutama purworejo sampai petanahan sudah mulus dan baru saja sudah diperlebar... munggo yang mau mudik di coba... ini komitmen gubernur JawaTengah GanjarPranowo.. jlantanpa lubang...

    ReplyDelete
  8. Nuhun,om.Insya Alloh dicobian rutenaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat alternatif mudik or libur akhir tahun Kang ... lancar jaya hehehe ....

      Delete
  9. Kondisi jalan buat mudik tahun sekarang bagaimana juragan? Update infonya ya, sayaa mau ke bantul neh dari bandung.
    Mathur suwun sanget;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info dr kawan seminggu lalu, jalur daendeks gombong bantul sudah bagus. Bandung tasik bagus. Sktr wanareja majenang lumbir gelombang. Sisasnya bagus

      Delete
  10. infonya gan, karangbolong ke pantai ayah. jalan layak tidak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan sempit, berkelok, & tanjakan curam. Klo mobil sehat & skill mengemudi baik masih layak, sebanding dengan pemandangan yg indah Gan

      Delete

Terima kasih telah berkomentar

loading...
Powered by Blogger.