Fenomena Langka Pelangi Api di Atas Tasikmalaya

Awan berwarna-warni yang dikenal sebagai pelangi api di atas Tasikmalaya

Foto pelangi api ini diambil pada hari Minggu (27/3/2016) di atas langit Tasikmalaya. Foto diambil pada sekitar pukul 16.00 WIB. Pelangi api ini merupakan fenomena langka.

Pada waktu muncul pelangi api ini, memang suhu udara di Tasikmalaya cukup membuat gerah. Nampaknya memang lebih panas dari biasanya.

Selama ini kita hanya mengenal pelangi yang berbentuk lengkungan. Pelangi ini adalah pelangi yang mungkin belum pernah anda lihat. Bentuknya yang nyaris elips mengingatkan saya dengan bentuk sebuah UFO.

Fire rainbow di atas Tasikmalaya

Awan yang berwarna-warni ini dikenal juga dengan nama pelangi api atau awan pelangi. Pelangi ini terbentuk ketika cahaya matahari diuraikan oleh tetesan air yang ada di atmosfer. Fenomena awan pelangi sering kali terjadi bersamaan dengan badai, tetapi kadang juga terjadi pada suatu siang yang panas dan lembab. Kebanyakan awan pelangi terbentuk di atas awan kumulus.

Fire rainbow yang sangat indah.

Pelangi berbentuk aneh ini sebenarnya adalah sebuah Circumhorizontal arc (CHA). Nama kontemporernya adalah fire rainbow.

Pelangi api merupakan fenomena langka

Pelangi ini terbentuk akibat pembiasan cahaya yang melewati es kristal di dalam awan cirrus. Namun, ia membutuhkan kondisi tertentu untuk muncul. Matahari harus berada pada posisi tinggi, paling tidak 58 derajat di atas horizon dan tentu saja harus ada awan cirrus yang mendukungnya. Walaupun sudah diketahui penyebabnya, tetap saja pelangi seperti ini merupakan pemandangan yang langka.

Fire rainbow dihiasi ROL di atas langit Tasikmalaya

Jadi fenomena awan berwarna yang muncul di atas langit Tasikmalaya adalah pelangi api atau fire rainbow.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Fenomena Langka Pelangi Api di Atas Tasikmalaya"

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi