Persiapan Menyambut Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Lintasan Gerhana Matahari Total (GMT) 9 Maret 2016.
Sumber Foto : Dongeng Geologi.
Peristiwa astronomi selalu menarik untuk diamati. Apalagi peristiwa yang dikategorikan langka. Salah satunya adalah Gerhana Matahari Total (GMT). GMT akan melintasi wilayah Indonesia pada tanggal 9 Maret 2016. Informasi menarik tentang GMT salah satunya diposting di blog Dongeng Geologi.

Ilustasi Gerhana Matahari Total. Sumber Foto : Dongeng Geologi.
Ilustasi Gerhana Matahari Total. Sumber Foto : Dongeng Geologi.
Kota-kota di Indonesia yang akan GMT pada tanggal 9 Maret 2016 nanti, yaitu mulai dari Palembang, Palangkaraya, Banjarmasih, Balikpapan, Palu, Suasu, Bolaang, Poh, Ternate dan Kobe (Halmahera). Karena gerhana ini juga melewati lautan, tentunya akan sangat menarik bila ada Wisata Bahari mengikuti alur gerhana. Atau berpayung bulan dibawah gerhana.

Segera booking hotel di kota-kota yang dilewati GMT. Pastikan booking dengan booking online terlengkap dan termurah.

Segera booking di Pegi-pegi ya .... bisa juga click di sini untuk booking hotel.

Untuk membayangkannya silahkan tengok animasi peta daerah mana saja yg akan mengalami gerhana matahari total ini bisa dilihat dibawah ini. Gerhana matahari total tahun 2016 memang akan menarik untuk menjadi pengamatan. Selain adanya keindahan dibalik keanehan, sesuatu yang jarang terjadi.
Ilustrasi lintasan GMT di wilayah Indonesia. Sumber Foto : Dongeng Geologi.
Ilustrasi lintasan GMT di wilayah Indonesia.
Sumber Foto : Dongeng Geologi.
Gerhana matahari itu terjadi akibat bulan berada segaris dengan matahari, sehingga cahaya matahari tertutupi oleh bulan. Ilustrasi grafis di bawah ini akan memperlihatkan bagaimana bulan menutupi matahari.
Ilustrasi terjadinya gerhana matahari. Sumber Foto : Dongeng Geologi.
Ilustrasi terjadinya gerhana matahari. Sumber Foto : Dongeng Geologi.
Ketika bulan lebih dekat ke bumi maka matahari akan tertutupi sepenuhnya yang menyebabkan gerhana matahari total di tengah (A), dan gerhana sebagian di pinggir (A). Sedangkan pada saat bulan agak lebih jauh, maka bulan akan berada ditengah cahaya matahari yang menyebabkan gerhana matahari cincin di bagian tengah (B), dan terlihat gerhana sebagian di pinggirannya (C).

Gerhana tanggal 9 Maret 2016 ini merupakan gerhana matahari total (Total Eclipse). Sedangkan gerhana matahari cincin terjadi saat Bulan berada jauh dari bumi sehingga piringannya terlihat kecil dan tidak dapat menutupi seluruh lingkaran matahari. Piringan matahari yang tertutup oleh piringan Bulan hanya bagian tengahnya saja, sehingga bagian pinggir matahari tidak tertutup. Oleh karena itu piringan matahari akan terlihat dari muka bumi seperti lingkaran cincin yang bercahaya. Pada tanggal 15 Januari 2010 terlihat seperti gambar kanan, tetapi di Indonesia hanya teramati pinggirannya saja seperti gambar C.

Peristiwa gerhana memang saat ini mudah sekali diramalkan karena pengetahuan astronomi sudah sangat berkembang serta alat-alat pengukuran dan pengamatannyapun sudah semakin canggih.

Tentu saja peristiwa langka GMT ini harus dimanfaatkan dengan baik. Kejadian ini selain memiliki sisi keunikan dan keindahan, juga diperkirakan kelangkaan yang sangat mungkin akan mempengaruhi perilaku hewan, serta penelitian-penelitian lainnya sangat menarik untuk dilakukan.
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Persiapan Menyambut Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016"

  1. I just put the link of your blog on my Facebook Wall.
    very nice blog without a doubt.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi