Hindari Mengaktifkan Cruise Control di Jalan Perkotaan

Ilustrasi cruise control pada mobil. Foto : TribunOtomotif.. http://www.tribunnews.com/otomotif/2016/02/29/hindari-gunakan-cruise-control-saat-masuk-jalanan-perkotaan
Ilustrasi cruise control pada mobil. Foto : TribunOtomotif.
Kemajuan teknologi yang diaplikan pada mobil semakin canggih saja. Salah satu teknologi yang diterapkan pada mobil modern adalah cruise control (CC). Cruise control ini semakin memanjakan pengemudi mobil. Tetapi penggunaan atau mengaktifkan cruise control yang tidak tepat bisa saja mengakibatkan kecelakaan.

Hal ini seperti berita yang dirilis Tribun Otomotif berikut. Cruise control apabila digunakan pada waktu yang salah, maka tidak hanya mengganggu proses mengemudi namun juga bisa mengancam keselamatan.

Yang dimaksud adalah fitur Cruise Control di mobil adalah teknologi yang mampu membantu pengemudi melaju konstan pada kecepatan tertentu.

Prinsip kerja cruise control adalah pengemudi tinggal menentukan kecepatan yang diinginkan, maka mobil akan melaju sendiri di kecepatan tersebut tanpa pengemudi harus menginjak gas.

Aktivasinya pun beragam. Ada yang menggunakan tombol ada pula yang memakai tuas.

Tapi semuanya kerap dirancang intuitif bagi semua pengemudi.

Perlu diingat karena ini membuat mobil melaju konstan, cruise control tentu tidak cocok digunakan saat melaju di lalu lintas perkotaan. Apalagi di daerah penuh kemacetan.

Benar cruise control memiliki kemampuan deaktivasi sendiri saat pedal rem diinjak, namun akan jauh lebih baik jika Anda sekalian tidak menggunakannya untuk menghindari insiden.

Saat tepat memakai cruise control adalah saat bertemu jalan tol/bebas hambatan, atau saat melaju di jalur luar kota yang lengang dan cenderung lurus.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Hindari Mengaktifkan Cruise Control di Jalan Perkotaan"

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

adnow

loading...

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi