Manfaat Mengkonsumsi Durian bagi Kesehatan

Buah durian.

Buah durian (Durio zibethinus) dikenal sebagai King of Fruit. Disebut demikian karena memang rasa dan baunya yang sangat kuat. Dan ketika musim durian datang, biasanya antara bulan Desember sampai Februari, biasanya di sentra-sentra produsen buah durian akan banyak dijajakan buah durian dengan harga yang terjangkau.

Karena harga buah durian ketika puncak musimnya sangat murah, maka berburu buah durian bisa menjadi wisata kuliner  yang menarik. Tetapi untuk yang memiliki riwayat penyakit diabetes (kencing masis), hipertensi (darah tinggi), dan  jantung sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi buah durian. Karena apabila dikonsumsi secara berlebihan akan mematikan. Selain itu, ibu hamil juga tidak disarankan makan buah durian karena akan membahayakan janin di dalam kandungannya.

Tetapi ternyata selain berbahaya apabila dikonsumsi secara berlebihan, buah durian memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah durian mengandung unzur gizi berupa karbohidrat, protein, serat, vitamin B1, B2, vitamin C, kalsium, kalium serta fosfor yang sangat tinggi. Kandungan tersebut membantu menjaga dan mempertahankan tubuh tetap sehat dan fit sepanjang hari.

Karena kandungan zat gizi itu, ternyata manfaat buah durian bagi kesehatan diantaranya adalah :
  • Durian merupakan buah yang bagus untuk membantu pencernaan. Dengan kandungan serat yang tinggi, durian bisa mengatasi sembelit
  • Buah durian dapat membantu mengatasi penyakit anemia. Kandungan asam folat dan vitamin B9 dalam buah durian membantu memproduksi sel darah merah.
  • Buah durian baik untuk kesehatan kulit. Karena buah durian banyak mengandungan vitamin C, maka buah durian bagus untuk mencegah terjadinya penuaan dan kerutan pada kulit. Selain itu, vitamin dalam durian merupakan anti oksidan yang dapat mengatasi kerusakan sel kulit.
  • Buah durian baik untuk nutrisi tulang dan persendian. Mengingat kandungan potasium dan kalsium dalam durian sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, termasuk kesehatan persendian seperti lutut, serta ruas jari.
  • Manfaat buah durian bagus untuk mengatur kestabilan darah. Buah durian bisa mengstabilkan darah karena mengandung mangan.
  • Buah durian juga mengandung tembaga sehigga baik untuk menjaga kesehatan tiroid.
  • Karena banyak kandungan vitamin B1,buah durian bermanfaat untuk menjaga nafsu makan.
  • Kandungan senyawa riboflavin atau Vitamin B2 dalam durian bermanfaat untuk mencegah terjadinya migrain.
  • Buah durian juga bermanfaat untuk meredakan stres dan mengatasi depresi, karena buah durian mengandung vitamin B6 atau piridoksin
  • Fosfor dalam durian sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.
Nah, dari tulisan ini ternyata buah durian memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Namun demikian, dianjurkan tidak dikonsumsi berlebihan karena dapat membahayakan untuk yang memiliki penyakit tertentu.

Disarikan dari berbagai sumber.
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Manfaat Mengkonsumsi Durian bagi Kesehatan"

  1. buah favorit saya nih om :) ternyata banyak juga manfaatnya :) baru tau

    ReplyDelete
  2. @Wisata Aceh : di Aceh kayaknya banyak duren banget ya kalo lg musim gini. Bermanfaat kalau dikonsumsi tidak berlebihan ya hehehe ...

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi