Tips Melihat Hujan Meteor Geminids, 14 Desember 2015

Ilustrasi hujan Meteor Geminids. Foto : Stellarium

Peristiwa astronomis memang selalu menarik untuk diamati atau difoto bagi penggemar fotografi. Dari sekian banyak peristiwa astronomis bulan Desember 2015, salah satunya adalah hujan meteor Geminids.

Hujan meteor ini dinamakan hujan meteor Geminids karena memang muncul di sekitar rasi Gemini. Untuk memudahkan pengamatan dan mencari lokasi rasi Gemini, dapat mengunduh software Stellarium.

Peristiwa astronomis hujan meteor Geminids akan mencapai puncak aktivitasnya pada tanggal 14 Desember 2015. Hujan meteor Geminids termasuk hujan meteor mayor karena intensitas meteor yang tampak dilangit cukup banyak. Intensitas hujan meteor Geminids mencapai sebanyak 120 meteor/jam.

Hujan meteor Geminids muncul di sekitar rasi bintang Gemini yang terbit di langit Timur pada pukul 21.00 WIB. Karena bulan pada fase Bulan Baru maka langit akan sangat gelap dan meteor-meteor redup dari hujan meteor Geminids dapat terlihat dengan baik. 

Jika akan melakukan pengamatan hujan meteor Geminids, pengamatan dapat dilakukan mulai pukul 20.00 WIB pada tanggal 13 Desember 2015 hingga menjelang Matahari terbit pada 14 Desember 2015. Pengamatan hujan Meteor Geminids relatif mudah, karena intensitasnya sangat besar dan banyak. 
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Melihat Hujan Meteor Geminids, 14 Desember 2015"

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

adnow

loading...

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi