Tips Bertualang Menggunakan Jeep di Lava Tour Merapi

Lava Tour naik Jeep Willys bersama keluarga di Kaliadem, Sleman-Yogyakarta
Lava Tour naik Jeep Willys bersama keluarga di Kaliadem, Sleman-Yogyakarta
Gunung Merapi (2.968 m dpl, tahun 2006) merupakan salah satu gunung yang paling aktif dan berbahaya di Indonesia. Gunung Merapi meletus atau erupsi 2 sampai 5 tahun sekali. Tetapi setelah erupsi pada tahun 2006, Gunung Merapi khususnya kawasan Cangkringan-Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) tempat Mbah Maridjan pernah tinggal, menjadi salah satu tempat wisata yang paling diminati oleh para wisatawan. Tour untuk meyusuri sisa-sisa dahsyatnya letusan gunung Merapi dikemas dalam paket Lava Tour Merapi.

Dengan mengikuti Lava Tour Merapi ini kita bisa menikmati pemandangan puncak Gunung Merapi yang selalu mengeluarkan asap sulfatara dengan jarak pandang hanya 2 km saja. Selain menikmati pemandangan yang sangat indah, kita dapat memahami kedahsyatan letusan Gunung Merapi.
Keindahan puncak Gunung Merapi dari jarak dekat
Keindahan puncak Gunung Merapi dari jarak dekat
Bukti keganasan gunung Merapi pun mampu menewaskan 2 relawan yang bersembunyi di dalam bungker yang dibangun dengan beton setebal 25 cm dan pintu besi yang memang diperuntukkan bagi para relawan jika sewaktu-waktu terjadi erupsi susulan. Dua relawan tersebut tewas setelah bungker yang mereka gunakan untuk berlindung tersebut tertimbun material setebal 3 meter dengan suhu mencapai 1.000 derajat celcius.

Ketika mengikuti Lava Tour Merapi, paling tidak ada 4 lokasi yang wajib dikunjungi, yaitu : Museum Gunung Merapi, Kali Adem atau Kali Gendol, Bunker dan bekas rumah Mbah Maridjan. Untuk dapat menikmati paket Lava Tour Merapi secara lengkap, semoga tips ini bisa membantu.

Berangkat Sepagi Mungkin
Berdasarkan pengalaman beberapa kali menikmati view Gunung Merapi, hampir setiap saat puncak Gunung Merapi selalu diselimuti kabut atau awan. Waktu yang tepat adalah antara jam 5 sampai jam 8 pagi. Selain bisa menikmati sunrise juga dapat menikmati puncak Gunung Merapi dengan jernih.

Selain dapat menikmati view jernih, juga untuk mengantisipasi atrian naik jeep ketika peak season. Apabila kesiangan, kita harus menunggu 1 hingga 2 jam untuk mendapat giliran.

Pilihan Naik Lava Tour
Paket Lava Tour Merapi bisa dipesan di Kaliurang atau di operator-operator yang ada sepanjang Jalan Kaliurang menjelang Taman Wisata Kaliurang. Harga paket di masing-masing operator sama, karena nampaknya sudah diorganisir secara baik.
Lokasi parkir Merapi Lava Tour
Lokasi parkir Merapi Lava Tour
Tetapi kalau ingin sedikit lebih murah, naiklah di Kaliadem (S7.58941 E110.44264). Harga paket bisa lebih murah antara 50 ribu sampai 100 ribu jika dibandingkan naik di Kaliurang. Hal ini mungkin karena perbedaan jarak yang lumayan jauh antara Kaliurang dengan Kaliadem.

Persiapkan Kamera
Kamera merupakan gear paling penting untuk mendokumentasikan perjalanan. Kamera saku/compact camera atau action camera seperti Go Pro lebih cocok dibanding kamera DSLR. Dengan menggunakan kamera action, kita dapat melakukan selfie atau wefie di sepanjang perjalanan yang ekstrim.
Wefie di Merapi Lava Tou
Wefie di Merapi Lava Tour
Selain itu bawa juga tripod dan tongsis agar bisa melakukan swafoto tanpa merepotkan orang lain.

Pakai Kostum yang Cocok
Pakailah baju yang comfort atau nyaman dipakai. Persiapkan juga topi, kacamata dan masker. Sepanjang perjalanan akan sangat berdebu dan panas terkena terik matahari. Dengan kostum dan peralatan yang memadai akan mengurangi resiko sengatan matahari dan iritasi mata.
Kondisi track Merapi Lava Tour
Kondisi track Merapi Lava Tour
Basah-basahan di Kali Kuning.
Basah-basahan di Kali Kuning.
Bawa Bekal Minuman dan Makanan Ringan
Rute Merapi Lava Tour memakan waktu sekitar 1,5 sampai 3 jam tergantung paket. Dengan waktu yang cukup lama, perlu bekal minuman dan makanan kecil agar tidak kelaparan di sepanjang perjalanan. Meskipun memang banyak warung penjual makanan di sepanjang rute.

Semoga tips berpetualang menggunakan jeep di Lava Tour Merapi ini dapat membantu.
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Tips Bertualang Menggunakan Jeep di Lava Tour Merapi"

  1. wisata wajib kalau mengunjungi Jogjakarta, walaupun agak mengerikan mengunjungi museum "sisa hartaku", mengingatkan kita akan keagungan Tuhan pencipta alam semesta
    dibalik bencana terdapat manfaat yang luar biasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul Mbak, gak lengkap rasanya kalo gak wisata ke merapi.
      salah satu manfaatnya adalah tentunya pasir yang dapat dimanfaatkan untuk bahan bangunan.

      Delete

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi