Sate Ambal Khas Kebumen

Sate Ambal khas Kebumen dengan bumbunya yang unik dari tempe
Sate Ambal khas Kebumen dengan bumbunya yang unik dari tempe
Bagi sebagian orang, mungkin belum mengenal atau tidak tahu sama sekali tentang sate Ambal khas Kebumen. Memang benar, sate Ambal adalah sate khas dari Kebumen. Sate Ambal bahan dasarnya memang dari daging ayam, tetapi berbeda dengan Sate Madura.

Sate Ambal ini berbeda dengan sate Madura karena bumbunya yang sangat unik. Bumbu sate Ambal agak lebih encer, berwarna kuning tua dan sekilas terlihat seperti kuah masakan Padang.

Dan istimewanya, bumbu ini dibuat dari tempe yang dihancurkan hingga halus. Rasanya manis-pedas-gurih dengan aroma keharuman rempah yang menggugah selera. Aroma tempenya memang sudah tidak teralu terasa lagi.

Sate Ambal Khas Kebumen ini dapat ditemukan di jalur alternatif Cilacap-Jogjakarta. Jalur alternatif ini dikenal dengan Jalur Daendels Selatan atau orang setempat menyebutnya Jalan Petanahan. Jalur jalan ini ketika zaman penjajahan Belanda merupakan jalan pos Daendels.

Banyak sekali Sate Ambal di sepanjang jalan Petanahan ini. Ketika itu, saya mampir di Sate Ambal H. Tino yang berlokasi di koordinat S7.78950 E109.73226. Persis di seberang jalan juga ada Sate Ambal H. Kasman.
Selfie di depan Sate Ambal H. Tino Kebumen
Selfie di depan Sate Ambal H. Tino Kebumen
Untuk yang pertama kali mampir, pasti kaget karena 1 porsi sate Ambal ini ada 20 tusuk. Tetapi meskipun 20 tusuk dijamin ketagihan dan akan kembali lagi karena harganya sangat bersahabat.

Kalau mau berlibur ke Jogjakarta tidak ada salahnya mencoba Sate Ambal kuliner khas Kebumen ini.
Sate Ambal Khas Kebumen Sate Ambal Khas Kebumen Reviewed by Ghost Ships on 6:03:00 AM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah berkomentar

loading...
Powered by Blogger.