Gempa Beruntun Diprediksi Guncang Ternate dan Halmahera

Berita tentang prediksi gempa yang akan terjadi beruntun di Halmahera dirilis Liputan6. Pengamat Gempa Bumi Stasiun Geofisika Kelas III Ternate, Maluku Utara (Malut), Lutfi Pari mengungkapkan, Ternate akan diguncang gempa secara beruntun selama beberapa hari ini. Gempa juga akan melanda Halmahera Barat (Halbar).

"Meski berskala rendah, 2-3 Skala Richter (SR), gempa ini termasuk jenis gempa tektonik dengan kekuatan goyangan ke atas ke bawah disertai suara dentuman keras sehingga cukup membuat panik warga," kata Lutfi di Ternate, Minggu (22/11/2015) seperti yang dilansir Antaranews.

Menurut dia, gempa tak hanya berhenti sampai di situ. Berdasarkan hasil analisis BMKG Stasiun Geofisika Kelas III Ternate, gempa tektonik kategori suam atau beruntun ini akan mengguncang wilayah Malut khususnya di Ternate dan Halbar selama 2 bulan ke depan.

Faktor penyebab terjadinya gempa bumi ini karena adanya aktivitas magma dalam perut bumi. Sementara, adanya tektonik di sekitar Laut Halmahera Barat dipicu oleh aktivitas gunung berapi di sekitar Jailolo.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Gempa Beruntun Diprediksi Guncang Ternate dan Halmahera"

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi