Impresi Mengendarai All New Honda BeAT Sporty eSP CBS

Udah beberapa hari ini nyoba make All New Honda BeAT Sporty eSP CBS. Kesan pertama yang paling keliatan adalah tampilan fisik yang lebih bohay dibandingkan dengan Honda Beat keluaran pertama.
All New Honda BeAT Sporty eSP CBS Funk White.
All New Honda BeAT Sporty eSP CBS Funk White.
Sumber Foto : AHM
Apabila dibandingkan dengan Honda Beat keluaran pertama yang masih karburator memang yang paling terasa adalah konsumsi BBM-nya, jauh sangat irit. Hal ini mungkin karena sudah memakai teknologi baru, yaitu eSP (Enhanced Smart Power).
Tampak belakang lebih bohay.
Tampak belakang lebih bohay.
Teknologi eSP mesin generasi terbaru model skuter matic global milik Honda. Konon katanya, teknologi meningkatkan efisiensi pembakaran dan mereduksi energi terbuang dan meningkatkan performa kendaraan yang tinggi pada saat berkendara.
Teknologi eSP andalan di sepeda motor Honda Bea
Teknologi eSP andalan di sepeda motor Honda Beat
Selain masalah konsumsi BBM yang terasa lebih ekonomis, tenaga dan suspensi lumayan berbeda jauh dengan Beat versi sebelumnya. Ketika dikendarai di jalan agak keriting, lebih berasa empuk.

Head lamp juga nampak lebih terang ketika digunakan di malam hari. Cuma sayang banget gak ada switch on off head lamp, jadi nyala terus tuh ya ....
  Tombol di stang sebelah kanan cuma ada tombol starter
Tombol di stang sebelah kanan cuma ada tombol starter
Head lamp lebih besar dan bening
Head lamp lebih besar dan bening
Hal lain yang baru adalah bagasi di bawah jok lebih besar.
Bagasi lebih lapang
Bagasi lebih lapang
Yang menambah keren penampilan adalah striping yang lebih nampak dinamis yang enak dipandang.
Striping depan
Striping depan
Striping samping
Striping samping
Nampaknya teknologi CBS (combi brake system) sangat membantu dalam proses pengereman, karena kendaraan bergerak ke depan makan pengereman akan lebih efektif jika dipadukan dengan pengereman roda depan.
Combi brake system (CBS)
Combi brake system (CBS)
  Combi brake system (CBS) plus rem parkir yang makin kecil
Combi brake system (CBS) plus rem parkir yang makin kecil
Combi brake system (CBS)
Combi brake system (CBS)
Hal yang nampak sepele tapi membantu para boncenger adalah penambahan step buat yang dibonceng sehingga akan lebih nyaman pijakan kakinya.
Step buat boncenger
Step buat boncenger
Cuma sayang banget panel speedometer masih klasik dan nyaris tanpa perubahan sama sekali, cuma ditambah indikator check engine aja.
Speedometer tanpa perubahan yang berarti
Speedometer tanpa perubahan yang berarti
Nah, saya gak ngerti, kenapa tombol klakson dan lampu sen posisinya dibalik ya ? Pada Beat edisi terdahulu dan motor lain, posisi tombol klakson ada di bawah dan tombol sen ada di atasnya. Jadinya sering ketuker-tuker kalo ganti motor deh ....
Posisi tombol klakson dan lampu sen pada All New Honda BeAT Sporty eSP CBS
Posisi tombol klakson dan lampu sen pada All New Honda BeAT Sporty eSP CBS
Posisi tombol klakson dan lampu sen pada Beat edisi sebelumnya
Posisi tombol klakson dan lampu sen pada Beat edisi sebelumnya
Posisi tombol klakson dan sen pada Kawasaki KLX
Posisi tombol klakson dan sen pada Kawasaki KLX
Masalah klasik yang selalu muncul pada pembelian motor baru sekarang ini adalah lamanya proses pengurusan STNK dan BPKB. Oleh dealer, STNK dijanjikan akan selesai dalam 3 minggu dan BPKB gak tau kapan selesainya tapi diusahakan secepatnya. Akhirnya oleh dealer diberikan surat jalan dengan istilah ompang. Kata dealer dapat digunakan dan aman gak akan ditilang selama di dalam kota.

Itu impresi awal mengendari All New Honda BeAT Sporty eSP CBS.
loading...

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Impresi Mengendarai All New Honda BeAT Sporty eSP CBS"

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi