Selain Beras Plastik, Ini Dia Beberapa Makanan Palsu Lainnya

Penduduk Indonesia adalah salah satu konsumen beras terbesar di dunia. Karena selain jumlah penduduknya yang banyak, juga penduduk Indonesia belum bisa beralih ke makanan lain sebagai makanan pokok.

Kemunculan beras palsu di pasaran Indonesia, membuat kita harus lebih waspada dalam membeli beras. Nah, masalahnya, selain beras, ternyata ada beberapa jenis makanan lain yang dipalsukan, berikut ini beberapa jenis makanan yang sudah bisa dibuat dari bahan sintetis, seperti dilansir Tribun Jabar.

Bakpao Isi Daging Palsu




Pada 2007 sebuah laporan investigasi di China menemukan sejumlah pedagang yang membuat roti kukus berisi daging palsu. Kok palsu? Yup, ini bukan daging melainkan kertas karton yang dicincang lalu dicampur penyedap rasa babi.

Susu Bubuk Palsu




Pada 2009 puluhan ribu bayi China keracunan produk susu palsu yakni mengandung melamin.

Melamin ini ternyata bisa meningkatkan kadar protein susu. Tapi, sifat melamin tak bisa larut dalam air sehingga bisa menyebabkan gagal ginjal.

Telur Ayam Palsu




China memang cerdas. Telur ayam saja bisa dipalsukan. Mereka membuat cangkang dengan campuran kalsium karbonat.

Sementara isinya menggunakan natrium alginat, tawas dan gelatin. Telur palsu ini juga dapat membuat lambung Anda hancur.

Bihun dan Mie Palsu




Bihun palsu sebenarnya bihun asli namun dibuat dari tepung gandum kadaluwarsa dan berjamur. Siapa pun yang mengonsumsinya bakal mengalami diare hebat dan berpotensi meninggal dunia.

Daging Babi Palsu




Daging babi ini sebenarnya asli namun sudah busuk dan coba ‘dibenahi’ dengan cara mencampurkan bakteri phosphorescent. Bakteri ini ternyata bisa berpendar dengan cahaya.

Nah, pada 2011 seorang perempuan yang membeli babi palsu ini mendapati si daging mengeluarkan cahaya biru. Jika dikonsumsi bakal membuat organ-organnya terkontaminasi dengan bakteri yang ternyata memakan organ tubuh itu.

Anggur Palsu




Belum ada penjelasan resmi bagaimana anggur palsu ini terbuat. Namun ini berdasarkan keterangan Jeannie Cho Lee, master wine yang tinggal di Hong Kong. Saat ke China daratan dia mencoba anggur dan langsung mengatakan kalau minuman itu palsu.

Daging Sapi Palsu



Daging ini sebenarnya daging babi yang diberi tambahan kimia seperti parafin dan garam yang tampilannya menyerupai daging sapi asli. Di China daging babi lebih murah dari sapi dan juga berkualitas ekspor. Amit-amit. Jangan sampai kita impor sapi dari China, ya.

Kacang Walnut Palsu



Di Provinsi Henan, China pernah beredar kacang walnut yang isinya semen! Jadi gini, penjual mengeluarkan isi kacang dan disematkan bahan bangunan seperti semen, lalu kulit kacang direkatkan kembali dengan lem.

Daging Kambing Palsu



Aslinya ini daging tikus, rubah, dan musang. Daging-daging ini padahal sudah terinfeksi berbagai penyakit. Mereka mengubahnya sedemikian rupa agar terlihat seperti daging embek.

Nah itu beberapa makanan palsu yang harus diwaspadai, karena dampak dari makanan palsu ini sangat luar biasa dan merugikan bagi kesehatan.



loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Selain Beras Plastik, Ini Dia Beberapa Makanan Palsu Lainnya"

  1. Replies
    1. iya betul Mbak, mau jadi apa perut kita diisi makanan macam itu ?

      Delete

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi