Proses Evakuasi Jenazah Erri Yunanto dari Kawah Merapi

Papan larangan mendaki ke puncak Merapi di Pasar Bubar (@bpptkg)

Kejadian tergelincirnya Erri Yunanto (mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta) ke kawah Gunung Merapi ketika selesai berfoto selfie di Puncak Garuda atau Puncak Tusuk Sate menjadi pelajaran pahit bagi kita semua. Nampaknya, kita semua harus taat aturan, terutama yang menyangkut keselamatan pendakian, terutama larangan menjangkau tempat tertentu di gunung api. Tidak terkecuali larangan untuk muncak apabila membahayakan. Kejadian jatuhnya pendaki ke kawah Gunung Merapi kali ini adalah kejadian pertama, semoga tidak ada lagi kejadian serupa di masa mendatang.

Kegiatan berfoto selfie di puncak gunung memang sedang menjadi trend di kalangan muda. Tetapi jangan sampai karena ingin menunjukan foto-foto di media sosial atau ditunjukan ke orang-orang lantas harus menantang bahaya. Berfoto cukup di tempat yang memang aman. Perhatikan selalu keselamatan. Jangan memaksakan diri untuk menjangkau lokasi tertentu apabila memang belum berpengalaman dan tanpa ditunjang peralatan yang memadai.

Kejadian jatuhnya pendaki ke kawah cukup sekali ini saja. Jangan sampai terulang kembali.

Diperlukan keberanian dan teknik tertentu untuk mengevakuasi korban yang jatuh ke dalam kawah. Foto dokumentasi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menunjukan betapa sulitnya mengevakuasi korban.

Berikut ini foto-foto dokumentasi dari twitter Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (@bpptkg)

12.15 Tim evakuasi korban di kawah bekerja di puncak Merapi
12.29 Tim evakuasi mulai membawa korban turun dari puncak Merapi
12.35 Korban mulai dibawa turun dari puncak Merapi

12.50 Tim evakuasi dalam proses menurunkan korban di area pasiran

12.55 Proses evakuasi korban ketika di Pasar Bubar

13.00 Tim evakuasi di Pasar Bubar bersiap untuk turun.

Penghargaan yang setinggi-tingginya untuk tim yang telah berjuang menantang maut dan membahayakan keselamatan diri sendiri demi untuk mengevakuasi korban. Proses evakuasi ini memerlukan keberanian dan teknik yang tinggi.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Proses Evakuasi Jenazah Erri Yunanto dari Kawah Merapi"

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

adnow

loading...

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi