Menyusuri Jalan Lintas Selatan Jabar antara Tasikmalaya-Pangandaran

Jalan Lintas Selatan Jabar antara Tasikmalaya-Pangandaran
Jalan Lintas Selatan Jabar antara Tasikmalaya-Pangandaran
Jalan Lintas Selatan Jawa sekarang ini sedang mendapat perhatian dari Pemerintah Pusat dan Daerah. Mulai dari Kementerian Pekerjaan Umum sampai Dinas Bina Marga Provinsi mendukung pengembangan infrastruktur Jawa Bagian Selatan. Yang diutamakan adalah pembangunan Jalan Lintas Selatan Pulau Jawa.

Berdasarkan pengalaman, untuk Jalur Lintas Selatan Jawa Barat dari mulai Pangandaran sampai ke Banten sudah terhubung dan semua jembatan sudah terbangun. Mungkin hanya tersisa paling beberapa kilometer saja yang kondisi jalannya masih belum beraspal baik. Seperti foto di atas, hampir semua jalan sudah dibeton atau aspal hotmix. Untuk Selatan Jawa Barat, saya sudah menyusuri dari Tasikmalaya sampai ke Ujung Genteng. Sedangkan untuk Jalur Lintas Selatan Jawa Tengah dan Jawa Timur, sudah saya susuri sebelumnya.
Jembatan Sungai Cimedang
Jembatan Sungai Cimedang
Nah, untuk memuaskan rasa penasaran, seminggu yang lalu ketika ada libur long week end, saya bersama  keluarga mulai menyusuri jalan dari mulai Tasikmalaya-Cipatujah-Cijulang-Pangandaran-Kalipucang-Tasikmalaya. Diselingi mampir ke Dream Land Water Park di Ajibarang hehehe ...

Rute yang dilewati semuanya di-track menggunakan gps Garmin 60 CSx supaya ketauan panjang rute dan lama perjalanan di jalan. Selain itu dapat untuk menandai kondisi jalan yang rusak dan apabila ada POI yang belum ter-up date di peta gps. Sedangkan untuk keperluan navigasi, saya memakai gps SuperSpring SF410iiHD. Karena layar cukup lebar dan akurasi sudah teruji. hehehe ....
Rute keliling Jalan Lintas Selatan Tasikmalaya-Pangandaran-Cilacap
Rute keliling Jalan Lintas Selatan Tasikmalaya-Pangandaran-Cilacap
Perjalanan dimulai dari Tasikmalaya berangkat dari rumah sekitar pukul 6 pagi. Tasikmalaya sampai Cipatujah merupakan rute yang biasa aja karena sering dilewati, tetapi harus diwaspadai karena jalannya berkelok dan banyak yang keriting. Selain itu, kondisi lalu lintas cenderung ramai, terutama truk bermuatan berat dan bis AKAP dan AKDP.

Tasikmalaya sampai Cipatujah dapat ditempuh dalam 2 jam. Sehingga bisa sarapan di pinggir pantai deh hehehe....
Sarapan di pinggir pantai Pamayang Sari-Cipatujah.
Sarapan di pinggir pantai Pamayang Sari-Cipatujah.
Dari total 195 kilometer jarak antara Tasikmalaya-Kalipucang via Cipatujah-Cijulang-Pangandaran, hanya melintasi jalan rusak antara S7.79280 E108.19275 sampai S7.79544 E108.20720 sejauh 1,6 kilometer dan antara S7.81452 E108.33966 sampai S7.81359 E108.33984 sejauh 144 meter saja. Meskipun jalan tidak beraspal tetapi masih nyaman dilewati sedan koq, soalnya sudah giling basah dan nampaknya siap diaspal hotmix.
Jalan tidak beraspal sekitar Cikatomas
Jalan tidak beraspal sekitar Cikatomas
Jalan jelek sekitar pantai Keusik Luhur
Jalan jelek sekitar pantai Keusik Luhur
Secara umum, jalan lintas Selatan Tasikmalaya-Pangandaran sudah nyaman dilintasi. Jalan ini bisa dijadikan alternatif wisata keluarga, karena sepanjang jalan akan banyak ditemui obyek wisata pantai dan spot memancing.
Pantai Pamayang Sari-Cipatujah
Pantai Pamayang Sari-Cipatujah
Muara Sungai Cimedang, indah dan cocok untuk memancing
Muara Sungai Cimedang, indah dan cocok untuk memancing
Pantai Batu Karas, cocok untuk surfing dan berenang
Pantai Batu Karas, cocok untuk surfing dan berenang
Dermaga perahu menuju Green Canyon-Cijulang
Dermaga perahu menuju Green Canyon-Cijulang
Review tempat wisata dan keindahan jalan lintas selatan di tulisan berikutnya ya hehehe....
loading...

Postingan terkait:

36 Tanggapan untuk "Menyusuri Jalan Lintas Selatan Jabar antara Tasikmalaya-Pangandaran"

  1. Mantaaap Kang, pas fieldtrip setahun kemaren dari pangandaran tujuan ke cipanas garut via jalur pantai selatan (pangandaran - cikalong - cipatujah - pameungpeuk - garut) cuman karena kemalaman pas magrib di spbu cikalong kalo gak salah jadi gak bisa menikmati pemandangan, plus pada mabok di jalur pameungpeuk - garut, bolak belok soalnya hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya agak gambling pake sedan, untung ternyata jalan udah mulus hehehe ..., klo cuaca cerah langit akan lebih biru

      Delete
  2. seru seru kang apa lagi kalau jembatan cimedang di buat seperti california pasti lebih seru and hebat kang. hahaa

    ReplyDelete
  3. @Irwan : pastinya memang kalo dibuat unik akan lebih menarik hehehe ....

    ReplyDelete
  4. Om.. pantai cipatujah bisa berenang anak-anak kah..?

    ReplyDelete
  5. Bisa di pantai Sindangkerta. Kalo di Cipatujahnya gak bisa, ke arah Timur sedikit ada pantai yg aman buat berenang.

    Foto2 dan kondisi Pantai Sindangkerta bisa dibuka di Cruising ke Pantai Selatan Tasikmalaya dan Garut or 10 Pantai Indah di Selatan Jawa Barat

    ReplyDelete
  6. ok.. terimakasih ingfo nya om..
    rencana tgl 1 jan 2016 jalan kesana.. :)

    ReplyDelete
  7. Selamat menikmati perjalanan ya ....

    ReplyDelete
  8. Masa kuliah pernah main ke rumah temen di Batukaras. Agendanya pas satu tahun pasca tsunami Pangandaran. Ternyata Batukaras kena juga, walau ngga parah amat.

    Dulu mah masih sepi. Ayeuna mah rame.

    ReplyDelete
  9. @Antonia Ivan : semua pantai Selatan Jabar terkena tsunami tetapi berbeda tingkat kerusakannya. Batukaras sedang berbenah, samakin banyak obyek atau spot wisata baru di sana.

    ReplyDelete
  10. Saya pernah jalur Cipatujah Rancabuaya... Bagus pemandangannna tp msh ada yang jelek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sampe Rancabuaya dari Cipatujah udah mulus, Miramare sdh hotmix.

      Delete
  11. Kang...kalo SPBU dah ada blum di sepanjang jalur selatan ?

    ReplyDelete
  12. @Ery : SPBU ada di sekitar Pangandaran, Cijulang dan ada di Cipatujah. Kalo ke Barat lagi ada di Pameungpeuk, Sindang Barang dan Surade. Artinya kalo mobil cc besar, pastikan isi penuh setiap ketemu SPBU. Berdasarkan 2 kali trip, SPBU di jalur Selatan arah Barat setelah Cipatujah selalu antri panjang.

    ReplyDelete
  13. Sukabumi cianjur garut tasik ciamis pangandaran sudah ok jalan selatan nya

    ReplyDelete
  14. mantabb lebaran skrng bsa mudik lwt jalur pantai selatan via palabuhanratu jampang surade kali bunder cianjur ciadaun pamengpek garut tasik nyampe pangandaran ke padaherang..
    haturnuhun kang infona... membantu td ny takut jln nya msh jelek sya dri palabuhanratu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman Kang


      Salam kenal sesama pakidulan hehehe

      Delete
  15. Salam kenal Kang, infonya keren sekali. Weekend rencana mau ke Tasik dari Bogor dan pingin nyobain jalur pantai, aman ya? oia saya pake mobil 2500cc :)

    ReplyDelete
  16. Tulisan yg sngt membantu..Kl musim mudik lebaran jalan'a macet ga kang ?? dtempuh dlm waktu brpa jm kl dr bogor ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya gak trll macet, antri di jembatan Cimedang krn sempit.
      Klo dr Bogor tgt via mana, klo Bgr-Bdg-Tasik-Cipatujah-Pangandaran perkiraan saya sktr 9-10 jam hari biasa. Klo lebaran, masalahnya unpredictable ..

      Delete
  17. Hatur nuhun Kang. Mau nanya, saya rencana balik dari jogja ke ciwidey via cidaun. Dari jogja via jalur deandels. Klo berangkat pagi, kira2 perlu menginap ga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ke Ciwidey gak usah ke Cidaun, dr Rancabuaya (Garut) aja...
      Klo dr Yogya biar gak cape mending nginap di Sayang Heulang ir Pameungpeuk. Brkt Jogja pagi pwrkiraan sore sampe Pameungpeuk. Klo santai nginap Pangandaran aja.

      Delete
  18. *mhn maaf, perkenalkan saya Anton (jogjakarton@gmail.com)

    ReplyDelete
  19. Hatur nuhun rekomendasinya. Itu jalurnya lebih "enak" & dekat ya,lewat situ cileunca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lbh nyaman. Kecuali mau motret ...

      Delete
  20. Assalamualaikum kang,salam kenal. Saya irwan,mau nanya kalo pake motor,dari bdg via rancabuaya-pameungpeuk-pangandaran jalannya cukup aman dan nyaman gak buat di lalui? Ada saran gak kalo pake motor? Mohon di bls...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam,
      Aman pk motor. Bandung Rancabuaya waspada krn berliku dan curam. Tidak disarankan sore dan malam hari.
      Persiapkan kondisi motor dan bbm cukup.

      Delete
  21. Mantabppp pisan kang...
    haturnuhun pisan kang info nya, sangat membantu sekali, insyaallah dalam minggu2 ini kami dari Bogor mau pake jalur tersebut...
    Bisa di lalui dengan kendaraan BIS Kang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bis besar sepertinya bisa tp mungkin antri di jembatan cimedang dan bbrp ruas jalan dkt cijulang agak sempit dan berkelok.
      Selamat berlibur

      Delete
  22. Semoga minggu depan bisa jalan ke pamengpeuk via panganfaran dari magelang...maturnuwun kang artikelya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. selamat berlibur Mas Kelik, semoga menyenangkan ya ...
      Terima kasih sudah berkunjung dan komentar ya

      Delete
    2. Kalo dari Magelang, bisa coba via Petanahan lanjut Cilacap terus Pangandaran, saya pernah coba sebelumnya, ini artikelnya
      Menjajal Rute Pangandaran - Yogyakarta via Jalur Daendels (Jalan Lintas Selatan Jawa)

      Delete

Terima kasih telah berkomentar

adnow

loading...

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi