Bahaya yang Harus Diwaspadai ketika Mendaki Gunung Berapi

Mendaki gunung berapi adalah salah satu kegiatan di alam terbuka yang memang penuh sensasi. Kegiatan pendakian ini memang menjadi lebih populer di kalangan muda setelah adanya film layar lebar 5 cm. Namun ternyata film tersebut nampaknya memberikan dampak yang kurang baik bagi para pendaki pemula. Karena dalam film tersebut banyak ditayangkan scene-scene yang sebenarnya memang tidak seharusnya dilakukan oleh pendaki dan banyak yang mengabaikan aspek keamanan dan keselamaan pendakian.
Ilustrasi mendaki gunung.
Ilustrasi mendaki gunung.
Pada dasarnya tujuan utama mendaki bukanlah puncak, tetapi pulang dengan kondisi selamat. Dan selalu perhatikan kondisi alam. Jangan menantang alam. Gunung berapi bisa dijadikan sahabat tetapi dalam kondisi tertentu bisa mematikan. Intinya adalah hati-hati, waspada, jangan ceroboh (takabur) dan jangan menantang gunung.

Kejadian terpeseletnya Erri Yunanto dari Puncak Garuda Gunung Merapi merupakan pelajaran pahit buat kita semua para penikmat gunung. Bahwa memang di gunung berapi itu berderet sejumlah bahaya yang mungkin menghadang.

Sederetan peringatan dan bahaya yang mungkin menghadang para pendaki gunung berikut ini dapat dijadikan panduan ketika akan mendaki gunung berapi :
  • Petuhi larangan dan himbauan dari aparat terkait dalam hal rekomendasi larangan mencapai lokasi tertentu di gunung berapi. Hal ini biasanya terkait keselamatan pendaki.
  • Beberapa puncak gunung hanya cocok untuk pendaki mahir dan lebih diutamakan untuk riset atau penelitian.
  • Beberapa gunung berapi terdapat kawah berbahaya yang mengeluarkan gas beracun. Hal ini sangat berbahaya termasuk magma dan gas beracun sulfatara.
  • Beberapa gunung berapi memiliki areal puncak yang hampir vertikal yang terdiri dari batu-batuan yang sangat rapuh, sehingga rawan ada longsoran pasir dan batuan yang mengancam keselamatan pendaki.
  • Waspadi terjadinya letusan minor yang sering kali terjadi. Letusan minor ini sulit terdeteksi gejala awalnya. 
  • Waspadi track mendaki dan turun, tidak jarang pendaki malah mengalami kecelakaan ketika menuruni puncak gunung. Banyak jurang-jurang mengancam ketika turun dan karena kondisi kelelahan fisik sangat memungkinkan salah orientasi dan masuk ke dalam jurang.
Itu beberapa bahaya yang mungkin menghadang ketika mendaki gunung berapi yang dihimpun dari berbagai sumber dan pengamatan di lokasi pendakian. Bahaya lainnya ditunggu sharing dari kawan-kawan pendaki di kolom komentar ya ...

Salam Lestari ....
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Bahaya yang Harus Diwaspadai ketika Mendaki Gunung Berapi"

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi