Tebang Pohon Pinggir Jalan ? No Way !!! ....

Pohon di depan jalan masuk di Bandung tetap dipertahankan. Foto : Kim's Sumantri
Pohon pelindung jalan yang ditanam di sepanjang jalan selain berfungsi sebagai penyedia oksigen untuk mahluk hidup juga dapat berfungsi sebagai elemen estetis kota. Terutama apabila yang ditanam adalah pohon pelindung berbunga.

Saya kadang merasa sedih ketika mendengar banyak warga yang ingin menebang pohon pelindung jalan di depan rumahnya. Memang mereka ingin menebang bukan tanpa alasan, biasanya mereka beralasan bahwa keberadaan pohon membahayakan, misalnya pohonnya miring sehingga dikhawatirkan tumbang atau akar merusak pondasi atau menghalangi jalan masuk.

Untuk alasan-alasan itu, nampaknya foto ilustrasi di atas bisa dijadikan bahan renungan. Bisa dilihat bahwa foto pohon pelindung jalan di atas itu miring dan menghalangi jalan masuk. Tetapi pohon tersebut tetap dipertahankan. Hal yang dapat saya ambil pelajaran dari foto di atas adalah bahwa mungkin warga Kota Bandung sudah sangat merasakan manfaat keberadaan pohon pelindung jalan dan atau Pemerintah Kota Bandung sangat concern mempertahankan kualitas udara kota.

Sebagai ilustrasi saja, untuk mempertahankan pohon pelindung jalan sampai dengan ketinggian katakan 10 m, itu membutuhkan waktu yang lama. Selama itu pulalah pohon tersebut mendapat tekanan dari lingkungan sekitar. Dan yang harus diperhatikan juga adalah selama itu pula dianggarkan biaya pemeliharaan untuk pohon pelindung jalan tersebut.

Semoga tulisan ini dapat menginspirasi kita semua untuk tetap mempertahankan keberadaan pohon di sekitar kita agar iklim mikro di sekitar tetap terjaga baik dan membuat nyaman.

Terima kasih buat Pak Ukim yang udah banyak menginspirasi untuk tetap mempertahankan keberadaan pohon di sekitar kita meskipun bukan seorang Forester hehehe ... Fotonya di facebook saya pakai untuk ilustrasi ya hehehe ....
Tebang Pohon Pinggir Jalan ? No Way !!! .... Tebang Pohon Pinggir Jalan ? No Way !!! .... Reviewed by Ghost Ships on 6:18:00 AM Rating: 5

2 comments:

  1. salut sama pemiilik pohon, eh... apa emang gak ada yang berani pak? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya berharap pemilik pohon memang sadar lingkungan, bukan karena gak dikasih izin buat nebang hahaha ...

      Delete

Terima kasih telah berkomentar

loading...
Powered by Blogger.