Nostalgia ke Pantai Karang Hawu di Palabuhan Ratu-Sukabumi

Pantai Karang Hawu-Palabuhan Ratu-Sukabumi
Pantai Karang Hawu-Palabuhan Ratu-Sukabumi

Kenapa koq Nostalgia ? ... Ya, karena pernah merasakan atmosfir Karang Hawu selama beberapa tahun di sekitar tahun 2000-an dan ketika tahun baru kemarin, menyempatkan mampir setelah dari Ujung Genteng. Meskipun harus menempuh perjalanan jauh dari Tasikmalaya melalui rute susur pantai Selatan tetapi menjadi sensasi tersendiri.

Pantai Karang Hawu merupakan salah satu daerah tujuan wisata di Kabupaten Sukabumi yang berlokasi di Ibu Kota Kabupaten Sukabumi di Palabuhan Ratu. Sesuai dengan namanya, pantai Karang Hawu memang didominasi gugusan karang di pantai, sehingga tidak aman untuk berenang. Meskipun tidak aman untuk berenang tetapi memiliki pemandangan yang indah dan terdapat wisata ziarah di sini.
Larangan berenang di Pantai Karang Hawu karena pantainya berkarang dan ombaknya besar
Larangan berenang di Pantai Karang Hawu karena pantainya berkarang dan ombaknya besar
Setelah sekian lama tidak berkunjung ke pantai Karang Hawu, nampaknya semakin rapi saja pantai ini. Cuma masalah klasik obyek wisata adalah pedagang kaki lima. Di Pantai Karang Hawu semakin banya yang jualan di pinggir pantai. Padahal kalo saja mereka diberikan tempat berjualan yang diseragamkan, nampaknya malah akan menjadi ikon wisata.
Pedagang kaki lima di pinggir pantai Karang Hawu
Pedagang kaki lima di pinggir pantai Karang Hawu
Setelah mampir ke pantai Karang Hawu, nyempetin mampir ke kantor lama di Palabuhan Ratu, Dinas Kehutanan Kabupaten Sukabumi. Sudah banyak berubah karena nampak lebih adem dan lebih asri. Alhamdulillah sempat ketemu Kang Usdi, teman seperjuangan di Palabuhan Ratu waktu semasa CPNS.
Karang yang menghiasi pantai Karang Hawu
Karang yang menghiasi pantai Karang Hawu
View arah ke kota Palabuhan Ratu dan PLTU Palabuhan Ratu
View arah ke kota Palabuhan Ratu dan PLTU Palabuhan Ratu
Niatnya memang pengin nginap di Palabuhan Ratu, tetapi beberpa hotel juga full booked. Liburan tahun baru memang ramai di mana-mana. Akhirnya diputuskan nginap di Sukabumi kota aja, di sekitar Salabintana, kebetulan dapat kamar kosong di Hotel Sukabumi Indah.

Dan ternyata perjalanan Palabuhan Ratu ke arah Sukabumi kota ramai banget dan antri. Jam 6 sore baru sampai ke Sukabumi  kota, dan langsung disambut makan malam sama Yudi dan Kakay. Makasih ya hehehe ...
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Nostalgia ke Pantai Karang Hawu di Palabuhan Ratu-Sukabumi"

  1. saya mah apah atuh pak, udah gak bisa jalan2 hiks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. masih bisa lah Boss... saya ge ala backpacker da lamun maen teh hehehe ...

      Delete

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi