Masih Pentingkah Ospek bagi Mahasiswa Baru ?

Ilustrasi OSPEK. Foto : Novie Nurhayati.

Masih Pentingkah Ospek bagi Mahasiswa Baru ?. Nampaknya jadi pertanyaan yang yang jawabannya bisa iya bisa tidak. Soalnya sebagian besar kalangan nampaknya gak setuju dengan kegiatan OSPEK. Sebenarnya OSPEK itu gimana sih sampe banyak kalangan gak setuju ?

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau OSPEK sebenarnya merupakan hal yang penting buat mahasiswa baru ketika masuk perguruan tinggi. OSPEK yang memiliki banyak kegiatan merupakan wahana untuk pembentukan karakter bagi seorang mahasiswa baru. Selain itu, OSPEK juga memberikan gambaran atau menambah wawasan tentang kegiatan kemahasiswaan, kegiatan belajar mengajar, dan tentunya mengenal lingkungan baru di kampus sehingga mahasiswa lebih mengenal kampusnya.

Dari beberapa referensi, OSPEK itu ternyata memiliki beberapa tujuan mulia hehehe, diantaranya :

  • Mengenal dan memahami lingkungan kampus sebagai suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.
  • Menambah wawasan mahasiswa baru dalam penggunaan sarana akademik yang tersedia di kampus secara maksimal.
  • Memberikan pemahaman awal tentang wacana kebangsaan serta pendidikan yang mencerdaskan berdasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan.
  • Mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar di Perguruan Tinggi serta mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang berlaku di kampus, khususnya yang terkait dengan Kode Etik dan Tata Tertib Mahasiswa.
  • Menumbuhkan rasa persaudaraan kemanusiaan di kalangan civitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan kampus yang nyaman, tertib, dan dinamis
  • Menumbuhkan kesadaran mahasiswa baru akan tanggungjawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi

Kalo melihat tujuannya sih harusnya gak ada penyimpangan dong ya ... Tetapi di sinilah masalahnya, ada kalanya kegiatan OSPEK di Indonesia sering kali diisi oleh kekerasan dalam bentuk verbal dan bahkan tidak jarang terjadi kekerasan fisik. Dengan konsep junior harus patuh kepada senior, apapun perintahnya. Sehingga sering kali para peserta OSPEK mengenakan pakaian dan kostum yang tidak wajar bahkan harus mau menerima hukuman fisik dari senior. Para orang tua yang peduli, tentu sangat mengkritik kegiatan OSPEK. Apapun dalih tujuan dari OSPEK. Kadang OSPEK dianggap sebagai media balas dendam para senior akan pengalamannya ketika mereka mengikuti kegiatan OSPEK.

Nah terlepas dari kontroversi OSPEK tadi, saya masih merasa sangat penting pelaksanaan OSPEK di kampus. Paling tidak, kejadian beberapa hari yang lalu ketika saya berkunjung ke salah satu PTN di Bandung dan saya nyasar di dalam kampus bisa dijadikan contoh. Ketika saya menanyakan gedung salah satu fakultas di sana, beberapa kali saya menanyakan ke orang (yang saya  kira mahasiswa) semua menjawab : "tidak tahu". Nah, selanjutnya kumat nih iseng saya, saya udah tahu di mana posisi masjid dan sangat dekat hanya berjarak paling 20 meter saja. Saya nanya ke salah seorang mahasiswa di sana, dan dijawab sama dia "tidak tahu Pak ..."

Kejadian itu membuat saya gregetan, mahasiswa itu emang gak tahu atau dia gak perduli dengan lingkungan sekitar ? Menyedihkan sekali ....

Kejadian itu membuat saya semakin setuju kalo OSPEK harus tetap dilaksanakan terlepas dari berbagai kontroversi yang ada.
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Masih Pentingkah Ospek bagi Mahasiswa Baru ?"

  1. tergantung pak, melihat sisi mental kedisiplinan anak sekarang jelas ospek masih perlu, tpi rata2 ini jadi ajang balas dendam hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu OSPEK saya sangat keras, dan kerasa manfaatnya ketika sudah lulus, kejadian kemarin di kampus orang lain bikin ngenes banget tuh, masa nanya gedung fakultas gak tau sih ? mestinya, klo di-OSPEK kan pasti dia tau paling enggak peta kampus hehehe ...

      Delete

Terima kasih telah berkomentar

adnow

loading...

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi