6 Google Street View Car Memetakan Tasikmalaya dan sekitarnya

Layanan Google Street View nampaknya sudah sangat familiar dengan kita semua. Layanan dari Google ini memungkinkan pengguna menikmati foto 360 derajat dari suatu tempat. Mobil-mobil milik Google yang bertugas mengambil foto mulai nampak sering beredar di jalan-jalan Kota Tasikmalaya dan sekitarnya.
6 Google Street View Car Memetakan Tasikmalaya dan sekitarnya
Narsis di sebelah Subaru Impreza Google Street View Car
Jumat (24/4) pagi ini, sempat mampir ke hotel tempat menginap Google Street View Car. Dengan tampilan yang khas, dengan decal bertuliskan Google Maps Street View dan Wonderful Indonesia di sisi kirinya. Juga corak tampilan Google Maps di seluruh body.
Beberapa Google Street View terparkir di Tasikmalaya
Google menggunakan mobil Subaru Impreza untuk melakukan pemetaan ini. Menurut informasi, jumlah Subaru Impreza yang beroperasi di Tasikmalaya berjumlah 6 buah.

Di atas mobil ini dipasang sebuah kamera. Setiap mobil dibekali 15 lensa kamera yang mampu menangkap foto 360 derajat. Kamera tersebut di-setting pada level ketinggian 2,5 meter untuk mendapatkan gambar yang mendekati pengalaman penglihatan manusia pada umumnya. Tak hanya foto, mobil Google Street View juga merekam model 3D dari lingkungan yang dilintasinya.
Kamera yang terpasang di atas mobil
Sampai sekarang ini, digunakan 4 generasi kamera.Pertama adalah Camera Array (R2) yang menggunakan delapan sensor CCD 11 megapixel dengan lensa lebar. Versi berikutnya adalah R5 dengan delapan sensor 5MP CMOS dengan lensa rendah flare ditambah lensa fisheye di atas untuk menangkap tingkat atas bangunan. R7 menggunakan 15 sensor yang sama dengan R5 namun tanpa lensa fisheye. Generasi terbaru sekarang sedang digunakan adalah kamera dengan kualitas mendekati HD.

Mobil ini memiliki sensor gerakan untuk melacak posisinya, sebuah hard drive untuk menyimpan data, komputer kecil untuk menjalankan sistem, dan laser yang menangkap data 3D untuk menentukan jarak dalam citra Street View.

Menurut berita yang di-release google, tiap gambar yang diambil kamera di mobil tersebut akan melindungi berbagai hal yang amat sensitif dan pribadi seperti wajah dan plat nomor kendaraan. Apabila ada keluhan mengenai gambar yang diambil, dapat menyampaikan keluhan ke google, Google dapat menghapusnya dan mengambil gambar baru untuk menggantikannya. Gambar-gambar yang diperlihatkan di Google Street View akan diperbaharui sekitar 1 atau 2 tahun sekali.
loading...

Postingan terkait:

8 Tanggapan untuk "6 Google Street View Car Memetakan Tasikmalaya dan sekitarnya"

  1. Replies
    1. ada 6 mobil bro ... coba pagi2 k Tasik, dianteur lah ka lokasi hahaha

      Delete
  2. Mantaaap kang, pernah saya uber uber ketemu di simpang 5 tasik, sugan we ka pilem hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. kejar ke Ramayana Hotel, bisa foto2 sampe jam 9 pagi hehehe, ato malam ...

      Delete

Terima kasih telah berkomentar

adnow

loading...

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi