Tips Mengatasi Mabuk Durian

Buah duren atau durian adalah buah musiman favorit masyarakat Indonesia. Apabila musim duren telah tiba, akan membanjiri sepanjang jalanan yang ramai dilalui kendaraan sehingga terbentuklah pasar kaget durian selama beberapa minggu.
Ilustrasi foto buah durian ketika musim duren
Buah durian.
Ketika musim durian, harga buah durian per buah akan sangat murah namun ketika tidak musim duren maka harga durian akan terasa mahal karena bisa di atas 50 ribu per buah. Hal ini disebabkan karena buah ini biasanya di-import dari Thailand. Buah durian yang terkenal adalah durian monthong yang berdaging tebal.

Bagi yang gemar mengkonsumsi buah durian dapat mengalami mabuk durian jika terlalu banyak mengkonsumsi buah yang berbau sagat tajam ini. Hal ini disebabkan oleh karena durian memiliki sifat yang panas serta memiliki kandungan alkohol yang cukup tinggi dibandingkan dengan buah yang lain, sehingga jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih dapat mengganggu sistem kerja lambung.

Ada beberapa cara yang dapat ditempuh untuk mengatasi mabuk durian, dan cara-cara tersebut antara lain adalah :
  1. Memakan beberapa buah manggis sebelum makan durian. Buah manggis diyakini dapat menetralisir kadar alkohol yang terkandung di dalam buah durian. Hal ini mungkin sudah hukum alam, karena biasanya musim durian suka berbarengan dengan  musim manggis.
  2. Meminum air bilasan yang dituang ke kulit durian. Hal ini disebabkan karena kulit dalam dari buah durian mengandung antidot berupa lapisan lilin yang dapat larut dengan air. Cukup minum air bilasan tersebut, maka antidot akan bekerja menetralisir alkohol yang terkandung dalam buah durian.
  3. Meminum segelas air putih hangat yang telah dicampur dengan satu sendok makan garam. Seperti halnya cara kerja cairan oralit, campuran dari air putih hangat dan garam tersebut mampu menetralisir racun atau alkohol dalam tubuh sehingga ampuh untuk mengatasi mabuk durian.
Itulah tips buat penyuka buah durian agar tidak mabuk durian.

(dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi)
loading...

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Tips Mengatasi Mabuk Durian"

  1. kalau puyeng bisa disebut mabok gak pak? kalo saya sih paling kalo habis 3 durian baru kerasa gejala seperti masuk angin gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kembung alias bunghak eta mah hehehe, sigana harus 7 nya kerek kerasa :D

      Delete
  2. @Anwar : itu yg paling praktis ...

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi