Pameran Batu Mulia Asli Indonesia Terbesar akan Digelar di Solo

Nampaknya batu mulia asli Indonesia semakin menjadi primadona para kolektor. Semakin hari, semakin banyak orang mencari sampai ke pelosok nusantara untuk mendapatkan batu mulia (gemstone), mulai dari Aceh hingga ke Papua. Dan berdasarkan berita yang dilansir Pikiran Rakyat, akan digelar pameran terbesar batu mulia asli Indonesia, mulai dari Aceh hingga Papua yang akan dilaksanakan di Solo.

Memanfaatkan maraknya bisnis batu mulia yang populer disebut "batu akik" (gemstone) di Indonesia saat ini, Festival Permata Nusantara (FPN) akan menggelar rangkaian roadshow nasional di sejumlah kota, yakni Solo, Jambi, Bengkulu, Pati, Padang, Serang, Makassar, Denpasar dan Riau.

Rangkaian roadshow tersebut akan diawali dengan pameran batu mulia terbesar, bertajuk "Solo Gems Award", dari 5 sampai 8 Maret 2015, di Gedung Grha Wisata Niaga, Kota Solo.

Ketua Gemstone Nusantara, Agustono Dwi Rachadi, mengungkapkan kepada wartawan di Solo, Sabtu (28/2/2015), pihaknya sengaja mengambil momentum bergairahnya masyarakat terhadap batu akik sebagai salah satu aksesori bergengsi.

Dia berharap, melalui roadshow dengan berbagai kegiatan, termasuk sebagai ajang laga batu juara dan arena kompetisi batu mulai, manfaatnya dapat dinikmati para pedagang, perajin, penambang batu akik dan sebagainya.

"Sekarang ini, batu mulia atau akik sudah mengalami pergeseran nilai. Kalau semula batu akik sangat berharga karena nilai magisnya, sekarang batu mulia berharga karena nilai fashion-nya," jelasnya.

Dalam pameran batu mulia terbesar di Solo yang akan menampilkan 3.000-an jenis batu unggulan koleksi dari berbagai daerah mulai Aceh sampai Papua, FPN juga menggelar bazar batu mulia, talk show, kompetisi gosok batu, lelang batu dan sebagainya.

Kegiatan tersebut, kata Agus, sebagai bagian dari upaya mengembangkan kerajinan batu akik menjadi cinderamata yang sejalan dengan pengembangan ekonomi kreatif.

Salah seorang kerabat Keraton Surakarta, Gusti Pangeran Hario (GPH) Poeger yang merupakan pelindung Paguyuban Batu Mulia Gladag (PBMG) Keraton Surakarta, menilai roadshow batu mulia penting agar masyarakat paham betapa berharganya batu akik sebagai batu mulia. Hal itu terkait dengan sejarah batu mulia itu sendiri dengan para bangsawan keraton, termasuk Sunan sebagai raja.

"Sejak zaman kuna, batu mulia sudah populer sebagai simbol prestisius yang dikenakan seorang raja. Bahkan, di kalangan bangsawan biasanya dipakai karena ada daya magisnya," jelasnya.

Menanggapi perkembangan bisnis batu akik akhir-akhir ini, Agustono melihat, bisnis akik akan cenderung terus naik. Berbeda dengan bisnis tanaman anturium dan ikan yang pada titik jenuh harganya anjlok drastis, bisnis batu mulia tidak akan terjadi penurunan harga secara drastis, karena merupakan bisnis kelangkaan.

"Batu itu bersumber dari alam yang suatu saat akan habis dan mengalami kelangkaan. Dalam situasi seperti itu, harga akan cenderung semakin tinggi," ungkapnya.

Dia menambahkan, dalam ajang laga batu juara akan dikompetisikan batu berkelas, meliputi batu bacan, idocrase, chalcedony, fire opal yang disebut-sebut lebih hebat dari opal Meksiko dan picturial gems. Kelas tersebut dianggap mewakili seluruh jenis batu di Indonesia.

Sumber : Pikiran Rakyat
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Pameran Batu Mulia Asli Indonesia Terbesar akan Digelar di Solo"

  1. batu akik sekarang menjadi fenomenal mas den, terkadang saya suka bersedih... eh... terkadang saya suka bingung pak liat orang2, dulu anti batu sekarang pro akik, dulu pagi2 udah bangung buat nyemprotin burung sambil moyan (bari disarung keneh, ka masjid solat subuh mah hanteu eta teh) sekarang pagi2 udah jongkok ngeliatin orang yang lagi motong/ngasah batu akik, kenapa sih gak sekali-kali hati yang diasah buat lebih mengenal Tuhannya, ane yaaaakinnn.. pak sebagian orang aya nu nganjuk tah bakating ku hayang batu akik.. aeh na jadi pindah bahasa ieu teh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha di situ kadang saya merasa sedih hiks ....

      Delete

Terima kasih telah berkomentar

adnow

loading...

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi