Impresi Berkendara Kawasaki KLX 150S untuk Harian

 Kawasaki KLX 150S kendaraan operasional harian
Kawasaki KLX 150S kendaraan operasional harian

Sudah sebulan ini saya menggunakan Kawasaki KLX 150S untuk digunakan harian. Motor ini sebenarnya dari awal saya berencana untuk membeli, tetapi ternyata nasib berkata lain hehehe ... Karena ada mutasi di tempat kerjaan, eh di tempat kerja baru saya dapat kendaraaan operasional Kawasaki KLX 150S warna hitam. Jadilah sehari-hari saya menggunakan motor trail ini untuk kerja dan kadang sedikit untuk keperluan pribadi hehehe...

Di sini saya akan sharing bagaimana impresi berkendara menggunakan Kawasaki KLX 150S untuk dipakai harian dengan kondisi standar. Motor ini memang saya pertahankan standar karena memang rugi deh kalo saya melakukan modifikasi, ini kan kendaraan kantor bukan milik pribadi, gimana kalo tiba-tiba saya dimutasi lagi ? ... Paling banter saya memasang behel belakang aja untuk memudahkan membawa barang. Dan dipasang handle bar untuk gps Garmin 60 CSx yang biasa memandu saya kalo lagi ngelayap.
Behel Kawasaki KLX 150S
Behel Kawasaki KLX 150S
GPS Garmin 60CSx terpasang di handle bar
GPS Garmin 60CSx terpasang di handle bar
Kondisi motor ini ketika saya dapat memang masih perawan hehehe, belum dijamah sama sekali. Masih belum pernah diservice hehehe ... Ketika baru semingguan saya pakai, saya bawa ke bengkel resmi Kawasaki di Tasikmalaya sekedar untuk service awal dan ngecek kondisi motor. Motor masih dalam kondisi sip ...

Motor ini saya pakai untuk jarak tempuh/hari sekitar 16 km pergi pulang. Jarak yang relatif sangat dekat. Motor ini enak dipakai manuver di jalanan kota yang biasanya macet di pagi hari. Ketika dipakai berboncengan, motor ini lebih stabil dikendarai di jalan aspal.

Untuk konsumsi bahan bakar, saya perkirakan seminggu sekitar 6 liter Pertamax. Tarikan enteng dan nyaman digas. Tetapi memang nampaknya tarikannya pendek-pendek, artinya diperlukan perpindahan gigi yang cepat antar gigi percepatan.

Yang sedikit menjadi permasalahan adalah tidak ada indikator bensin. Jadi setiap pagi kalau saya mau berangkat harus selalu memeriksa ketersediaan bahan bakar. Meskipun kehabisan, toh masih ada cadangan sekitar 2 liter. Cukup untuk menempuh jarak sampai SPBU terdekat.

Sedikit permasalahan yang saya rasakan adalah motor agak limbung dipakai di jalan aspal hotmix apabila kecepatan kurang dari 40 km/jam. Berdasarkan pengamatan merasakan berkendara, kecepatan yang paling nyaman dan stabil dikenadarai adalah berkisar antara 40-60 km/jam. Apabila di atas itu, stang terasa agak bergetar.

Selain itu, nampaknya motor ini untuk dipakai ke lapangan, dalam arti dipakai menggunan perlengkapan lapangan. Jadi tidak cocok dipakai ke kantor menggunakan pakaian kantor, karena ya resikonya tuas persneleng merusak ujung sepatu hehehe...
Ujung sepatu rusak karena tuas perseneleng
Ujung sepatu rusak karena tuas perseneleng
Itulah pengalaman saya berkendara sebulan menggunakan Kawasaki KLX 150S. Mungkin belum begitu tereksplorasi pengalaman berkendara untuk jarak jauh dan kondisi jalan yang buruk alias off road.
Impresi Berkendara Kawasaki KLX 150S untuk Harian Impresi Berkendara Kawasaki KLX 150S untuk Harian Reviewed by Ghost Ships on 5:06:00 PM Rating: 5

No comments:

Terima kasih telah berkomentar

loading...
Powered by Blogger.