Ketika Cuti Tahunan Tidak Semudah Bolos

Cuti tahunan sebenarnya merupakan hak setiap PNS, termasuk CPNS yang telah bekerja secara terus menerus selama 1 (satu) tahun. Tujuannya baik, yaitu dalam rangka untuk menjamin kesegaran jasmani dan rohani.

Cuti dapat diambil minimal 3 hari kerja, artinya kalo kurang dari 3 hari kerja, sepertinya cukup dengan izin saja hehehe..... Selain itu, cuti tahunan dapat digabungkan dengan cuti bersama, sehingga bisa cuti lebih lama lagi.
Kalo membaca semua aturan yang ada, cuti itu adalah hak, berbeda dengan kenaikan pangkat atau promosi jabatan. Jadi, kalo gak diambil rugi dong ya hahaha ....

Cuma yang jadi masalah, selama saya beberapa tahun jadi PNS, seingat saya baru sekali mengambil cuti, itupun karena alasan menikah waktu tahun 2002. Setelah itu sampe sekarang rasanya belum pernah cuti. Padahal kalo mesin juga ada istirahatnya dong, makan aja ada puasanya hahaha....

Kejadian minggu ini yang membuat bete juga gara-gara gak ada approval dari atasan langsung untuk ambil cuti tahunan, alasannya koq ya lucu gitu lho : banyak kerjaan... ah padahal  kalo kerjaan sih dijamin gak akan ada habisnya. Tentunya bisa dilakukan pengaturan-pengaturan agar pegawai yang mau cuti bisa memperoleh haknya. Saya aja pernah approve staf yang mengajukan cuti dengan tanpa banyak tanya, dengan catatan tugas-tugas yang biasa dikerjakan dibagi habis ke pegawai lain yang masih kerja, beres kan ? ... Udah gitu asal cuti tahunannya masih tersisa.

 Artinya lebih mudah izin saja atau bolos, cukup sms atau telepon atau kirim surat ke atasan langsung  maka izin diberikan hahaha... Kontra produktif banget sih nampaknya. Ketika saya bepergian kepentingan pribadi, tinggal sms atau telepon aja : maaf Boss, saya izin gak masuk, karena ada kepentingan keluarga .... Beres, gampang banget deh ....

Nampaknya memang budaya mendahulukan yang biasa dilakukan dibandingkan yang bener udah mendarahdaging deh. Contohnya ya itu tadi, cuti itu kan yang bener, izin yang biasa ... ah emang susah, emang gendheng hahaha.....
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Ketika Cuti Tahunan Tidak Semudah Bolos"

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi