Tips Cruising Dibantu GPS Biar Gak Nyasar

Beberapa waktu yang lalu, saya pernah nulis tentang pakai gps koq masih tersesat ?. Sebenernya di dunia ini anything is possible, segala sesuatu bisa saja terjadi. Pake perangkat canggih tetap aja ada keterbatasan.
Ilustrasi sebuah GPS terpasag di sepeda motor.
Ilustrasi sebuah GPS terpasag di sepeda motor.
Pengalaman saya trip buta ke Pameungpeuk cukup jadi pelajaran, ketika antara Pameungpeuk-Cikajang, dalam  kondisi  hujan dan  malam hari, semua gps (Superspring, Garmin, dan Garmin Mobile XT) gak bisa menerima sinyal gps dengan baik, posisi di layar loncat-loncat gak tau di mana. Sementara medan ber-topografi berat, kanan jurang dalam dan kiri tebing sangat tinggi, di bawah naungan hutan lebat, sementara saya berkendara dengan mobil ber-ground clearance rendah yang membuat saya gak bisa memacu kendaraan. Udah gitu di radio komunikasi vhf tidak menerima satupun station, padahal untuk station bergerak biasanya  kalo saya sedang trip gak pernah kejadian tidak ada satupun station yang tidak bekerja pada band amatir, alias selalu ada yang menemani ngobrol di frekuensi.

Nah, ..... kejadian itu jangan dikait-kaitkan dengan hal mistik lho ... Meskipun agama saya mengajarkan kalo memang ada hal-hal gaib di sekeliling kita. Kita harus percaya pada diri sendiri meskipun jangan sampe takabur ketika sedang berada di tengah alam terbuka.

Berdasarkan pengalaman itu dan hasil browsing dari berbagai sumber, saya mau berbagi tips ketika trip biar tetap dalam kondisi nyaman :

-Pahami medan
Jangan sampai kita buta sama sekali ke arah tujuan yang mau dituju plus ditambah radius 100 km. Kawan-kawan tetap harus buka peta sebelum berangkat meskipun bawa gps. Syukur-syukur peta kontur juga siap. Untuk peta bisa memakai software map source dan update peta (gratis) bisa di-download di Navigasi dot net. Untuk peta kontur, kawan-kawan bisa browsing dan cukup tersedia secara gratis.

-Kalo mau menempuh rute baru harus punya kemampuan dasar navigasi
Ketika cruising di rute baru, jangan sampe buta sama sekali, hal ini bisa serasa destination nowhere, alias ngerasa gak tau ke mana dan serasa gak sampe-sampe ke tujuan, apalagi penumpang nanya terus, " ini di mana sih ?".  Kita  harus bisa orientasi arah dan mem-plotting posisi kita di peta, bisa dengan melihat penanda alam yang ada, misal gunung, danau atau penanda alam lainnya.

-Jangan berdebat rute yang diambil
 Ketika akan memutuskan rute yang diambil, satu tim jangan sampe berdebat yang bisa mengakibatkan suasana menjadi gak nyaman di perjalanan, percayakan ke team leader, yang lain cukup memberikan masukan pertimbangan saja.

-Team Leader jangan salah ambil keputusan
 Ketika memutuskan rute, team leader (sopir kalo sama keluarga saja) jangan sampe salah ambil keputusan, itulah makanya team leader harus cerdas hehehe ....

-Cukupkan logistik
 Ketika trip ke destination nowhere, jangan pernah kurang logistik, mulai konsumsi dan bbm. Saya biasanya bawa cukup air dan makanan yang mudah cerna dan berkalori tinggi, misalnya coklat. Udah gitu, bbm jangan sampe kurang dari setengah tangki, ketika ketemu SPBU selalu isi penuh (gak boleh alesan ngirit, trip itu emang kadang emang menghamburkan uang hahaha ...)

-Pasang antena GPS eksternal
 Pengalaman ke Pameungpeuk beberapa waktu lalu, sinyal gps emang sempat hilang, (percayalah hehehe ....) hal itu bukan karena mistik, tetapi memang sinyal di luar gak mampu menjangkau gps kita, jadi kita perlu antena eksternal or antena re-radiating supaya (semua) gps di dalam mobil bisa menerima sinyal gps dengan baik. Untuk memaksimalkan perimaan sinyal gps di dalam mobil, upayakan kaca depan jangan di-block pake kaca film berbahan dasar logam, saya gak mau nyebut merk ah, ntar dikira black campaign hehehe ..., yang jelas kaca-kaca film mahal akan mem-block sinyal gps.

-Pasang radio komunikasi hf
Keterbatasan gelombang vhf adalah dia gak mampu menembus penghalang topografis, misalnya bukit atau gunung, sehingga kita perlu radio hf. Radio hf  dapat menembus penghalang topografis.

-Ketika ketauan nyasar, tetap tenang
Ketika tau nyasar, tetap tenang, buka peta dan diskusi sama team. Jangan sampe malah saling menyalahkan. Semuanya bisa terjadi di sini. Optimalkan gps, radio komunikasi (HP juga kalo ada sinyal hehehe ...)

Itulah tips cruising dibantu gps biar gak nyasar, dan yang terpenting, enjoy your trip ....
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Cruising Dibantu GPS Biar Gak Nyasar"

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

adnow

loading...

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi