Tahun Depan, Mobil Berusia di Atas 10 Tahun Dilarang Melintas di Jakarta

Jakarta - Berbagai cara diupayakan Pemprov DKI Jakarta untuk mengatasi kemacetan yang tak kunjung selesai. Salah satunya adalah dengan membatasi mobil yang melintas di jalanan Ibu Kota.

Pemprov DKI tengah menyusun peraturan daerah (Perda) yang melarang mobil dengan usia di atas 10 tahun beredar di Jakarta. Perpanjangan STNK mobil tersebut tak akan dikeluarkan.

"Pokoknya begitu mobil lebih dari 10 tahun, kalau transportasi umum jadi, kita langsung nggak perpanjang STNK. Saya harap 2016 bisa diterapkan," papar Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakpus, Selasa (13/1/2015).

Pemprov DKI akan mempermudah warganya mengurus administrasi mutasi mobil tersebut ke daerah. Sebab di daerah lain di Indonesia tidak ada penerapan aturan semacam itu.

"Kirim ke Belitung, 20 tahun juga boleh," katanya.

Sebaliknya, untuk transportasi umum, berapapun usianya tetap diperbolehkan beroperasi di DKI Jakarta. Hanya saja dengan syarat, kendaraan tersebut harus lolos uji KIR.

Ahok justru curiga dengan Dishub jika bus umum tidak dapat diperpanjang izin operasinya setelah 10 tahun. Ia khawatir celah tersebut dimanfaatkan para oknum tertentu untuk pungutan liar.

"(Khawatir) nanti setelah 10 tahun anda bisa perpanjang bus lagi tapi ada pasalnya, pasal upeti," ujar Ahok.

Seiring dengan rencana penerapan tersebut, pihaknya tengah menggenjot perbaikan transportasi umum. Ia berharap Trans Jakarta akan semakin baik setelah mengalami pergantian Dirut.

"Saya lagi tes juga Dirut PT TransJakarta beres nggak nih nanganin Trans Jakarta tahun ini? Pasti gesekan ada kan. Sampai 2016 saya tungguin," tegasnya.

Sumber : Detik
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Tahun Depan, Mobil Berusia di Atas 10 Tahun Dilarang Melintas di Jakarta"

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi