Pertelaan Singa Depa (Apama tomentosa Willd.)

Apama tomentosa atau Tomentosa t. adalah, tegak kayu ramuan parsial yang mencapai hingga ketinggian 10-35 cm, sederhana atau bercabang dan padat ditutupi dengan rambut pendek yang lembut.
Gambar tanaman Singa Depa
Daun adalah variabel pada tanaman yang sama, elips, persegi panjang dan berbentuk telur atau luas berbentuk telur berukuran 8-17 cm x 3-14 cm. Puncak adalah akut, acuminate atau tumpul dan berbulu di atas tetapi padat berbulu bawah. Ada 2 pembuluh darah basal naik ke setengah juga mirip dengan vena lateral 4-9 pasang sedangkan pembuluh darah lain retikulat.

Bunganya aksilaris, tangkai-bunga-seperti cluster atau spiciform pangkal batang yang berukuran sampai dengan 12 cm. Daun bunga yang berbentuk guci-berbentuk lonceng yang mengukur 6-12,5 mm panjang dan 12-16 mm diameter. Mereka adalah luar coklat keunguan, sementara coklat kekuningan sampai kemerahan di dalamnya. Ini adalah luar tapi mulus berbulu dengan 3-5 tabung panjang mm dan lobus luas berbentuk telur. Lobus suborbicular atau subreniform secara luas bulat telur, dengan ukuran 3-7,5 mm x 4-8 mm. Pembuluh darah yang menonjol di dasar lobus dan disk tipis di dalam sementara ada 6 benang sari yang terletak di lingkaran 1 dan kolom gaya adalah 2 mm. Ada 3 (-4) lobus sedangkan puncak yang berbulu. Kapsul yang ramping dan ukuran 3,5-5 (-15) cm.

Singa depa tumbuh pada teduh, daerah lembab di hutan, kadang-kadang dalam bambu, hutan jati atau sekunder, antara 90-1.200 ketinggian m, jarang pada batu kapur dan kadang-kadang secara lokal melimpah.

Referensi : Tanaman Sumber Daya Asia Tenggara No 12 (2): Tanaman obat dan beracun 2.
loading...

Postingan terkait:

4 Tanggapan untuk "Pertelaan Singa Depa (Apama tomentosa Willd.)"

dito jaka perdana said...

terima kasih informasinya pak
berguna banget :D

Ghost Ships said...

cocok tuh sama blog herbanya ya hehehe

roby oktaviansyah said...

Didaerah sumatra ada gak pak daun itu?

Ghost Ships said...

Berdasarkan referensi yang saya baca, sebaran Singa Depa mulai dari India ke Bangladesh, Burma (Myanmar), Vietnam selatan dan Semenanjung Thailand, selatan seluruh Semenanjung Malaysia, Indonesia (Sumatera, Barat dan Jawa Tengah) dan Filipina.

Nama daerah akan berbeda, Singa depa (Jawa, Sunda), kaliwaro (Sunda), singa dapur yang (Jawa)

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi