Pengalaman Mengganti Kopling Motor Matic

Beberapa hari belakangan ini motor Honda Beat tahun 2009 yang biasa dipakai istri ke mana-mana terasa mulai agak boros. Biasanya setangki penuh Pertamax biasanya cukup untuk seminggu ngantar jemput anak sekolah, eh ini baru 2 hari sudah harus isi lagi. Memang motor ini dari baru selalu memakai Pertamax untuk pemakaian sehari-hari.
Ilustrasi sepeda motor Honda Beat.
Ilustrasi sepeda motor Honda Beat.
Saya saringan udara atau karburatornya kotor. Karena gak bisa bersihin sendiri makanya motor saya bawa ke bengkel aja deh ...

Di bengkel saya sampaikan keluhan tersebut, dan kalo bisa dibikin agak irit. Bisa di-stel spuyer karburator atau diatur ulang pengapian dan kerenggangan klep-nya.

Maka dibongkarlah CVT skutik saya. Ternyata ketauan kalo kopling sudah aus. Akibat yang terasa ke motor menurut mekaniknya adalah : getaran di kecepatan rendah dan akselerasi gak spontan sehingga putaran mesin menjadi tinggi. Nah putaran mesin yang tinggi inilah penyebab borosnya bahan bakar.

Mekanik menawarkan untuk diakali aja dengan dilas. Dengan dilas, maka akan mengganjal kanvas kopling sehingga dapat menekan kembali ke rumah koplingnya. Tapi saya gak menerima saran tersebut, karena motor dipakai istri. Saya gak mau motor bermasalah di jalan.

Digantilah kanvas kopling itu. Sekalian diganti bersihin karburator dan teman-temannya.

Setelah diganti kanvas kopling (sekalian ganti oli gardan juga) plus dibersihkan karburator, terasa banget bedanya. Akselerasi menjadi lebih spontan.

Semoga lebih irit deh hehehehe ....
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pengalaman Mengganti Kopling Motor Matic"

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

adnow

loading...

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi