Mengenal Apa itu Panic Brake ?


Kalo dari segi arti, panic brake dapat diartikan sebagai pengereman mendadak. Biasanya terjadi karena ada sesuatu penghalang di depan secara tiba-tiba. Pengemudi yang gak siap biasa akan melakukan pengereman mendadak yang bisa membahayakan dirinya sendiri dan orang lain.

Kalo di mobil sih nampaknya kalau dalam kecepatan sedang tidak akan terlalu bermasalah terhadap keselamatan. Akan tetapi tetap saja apabila dalam kecepatan tinggi (misalnya di jalan tol) akan membahayakan.

Yang paling berbahaya adalah untuk pengemudi sepeda motor. Kejadiannya barusan saja terjadi di depan mata. Memang dalam kondisi hujan, otomatis jalanan kan licin. Beberapa motor berjalan beriringan dengan kecepatan sedang. Tiba-tiba ada mobil keluar dari tempat parkir. Nah, gak tau kenapa, tiba-tiba salah seorang pengendara motor mungkin melakukan panic brake (nampaknya rem depan) dan tiba-tiba terjatuh, padahal mobil di depan jaraknya masih jauh.

Ketika terjatuh inilah sumber malapetaka, hampir saja kepalanya dihantam motor dari belakangnya, untung saja pengendara motor dari belakang cukup waspada sehingga bisa menghindar.

Diperlukan kewaspadaan dan teknik pengereman yang baik ketika mengahadapi situasi seperti itu. Jangan sampai lengah, karena ketika lengah dan ada "penghalang" yang tiba-tiba tetap aja akan melakukan panic brake.

Beruntung sekali, perkembangan teknologi pengereman semakin maju. Motor/mobil sekarang perangkat rem sudah dilengkapi dengan fitur ABS (Anti-lock Braking System). ABS merupakan sistem pengereman pada mobil/motor agar tidak terjadi penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak/keras.

Artinya pilihannya ada 2, yang pertama kuasai teknik pengereman dengan baik atau; yang kedua beli motor/mobil yang pengeremannya memakai ABS.
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Mengenal Apa itu Panic Brake ?"

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi