Pakai GPS koq Masih Nyasar ?

GPS dan radio VHF sebagai alat bantu navigasi darat.

Saya yakin semuanya udah kenal apa itu GPS, masa sih hari gini  gak tau ? hehehe ....

GPS itu kepanjangannya Global Positioning Systematau sederhananya sistem untuk menentukan posisi di bumi dengan bantuan satelit. Sistem ini terus menerus ON selama 24 jam. Dengan bantuan gps kita dapat mengetahui lokasi, arah, kecepatan sama waktu.

Mungkin sebagian orang berfikir kalo gps itu barang mewah yang mahal yang hanya digunakan sekedar untuk penunjuk arah. Ternyata sekarang pendapat itu (bisa) keliru, soalnya dengan semakin berkembangnya teknologi, dimungkinkan dibuat alat dengan akurasi bagus tapi dengan harga yang lebih murah.

Sekarang kita dapat  membeli gps dengan harga di bawah 1 juta dengan layar lebar, ya  meskipun buatan Cina lah tapi kalo dari segi kualitas tidak diragukan. Meskipun begitu, gps dengan merek-merek terkenal pun harganya udah mendekati angka 1  juta.

Tapi ada kalanya kita gak percaya dengan alat yang kita punya, masih ragu,  apa masih mungkin kita tersesat ? Kalo menurut saya, meskipun pake gps masih mungkin bisa tersesat, atau kalo menurut istilah saya rute gak sesuai yang diharapkan....

Lalu kenapa itu bisa terjadi ? ... Berdasarkan pengalaman, ada banyak hal yang membuat kita tetep nyasar meskipun pake gps, beberapa hal ini paling tidak pernah saya alami di jalan.

1. Peta tidak up to date
Peta dasar merupakan hal yang paling vital dalam gps, meskipun gps mahal dengan akurasi misal sampe 2 m tetapi petanya masih kuno, saya yakin akan nyasar, karena akan banyak jalan yang masih belum tercantum di peta dan yang paling beresiko adalah rambu lalu lintas, gak semua update kan, bisa ditilang kalo melanggar verboden hehehe ....
Lalu peta apa yang paling up to date ? Sejauh pengetahuan saya, peta Indonesia yang paling up to date yaitu peta dari navigasi.net, peta tersebut bisa diunduh di sini. Namun dengan catatan sudah menjadi member dan GRATIS .... Untuk apa gps mahal juga kalo peta gak akurat ? ....
Untuk negara lain,  bisa searching di komunitas navigasi, biasanya ada koq.

2. Kehilangan sinyal satelit
Untuk dapat bernavigasi dengan gps, paling tidak harus dapat menangkap 3 sinyal satelit. Yang bisa jadi penghalang biasanya gedung, tebing/jurang, pohon, kaca film.
Di dalam gedung/beton bisa jadi kita gak akan dapat sinyal satelit karena ada penghalang sinyal berupa  beton. Di antara gedung/tebing atau di bawah terowongan/pohon kadang gps gak dapat menerima sinyal dengan baik.
Untuk kaca film merk tertentu juga dapat nge-blok sinyal gps sehingga gps tidak dapat berfungsi dengan baik. Hal ini dapat diatasi dengan memakai antena eksternal yang dipasang di atap mobil.

3. Salah melakukan setting perjalanan
Kalo peta sudah up to date dan sinyal satelit sudah bagus, masih tetep perlu setting gps dengan benar. Terutama menyangkut pengaturan rute, apakah mau rute langsung (lurus kayak pesawat/kapal), rute tercepat (biasanya mengambil kelas jalan tertinggi) atau rute terdekat. Perhatikan juga jalan-jalan yang harus dihindari, apakah hindari jalan tidak beraspal atau hal lainnya.

Jadi gimana caranya biar gak tersesat ?
Yang jelas harus punya pengetahuan dasar navigasi, bisa baca peta dan rencanakan perjalanan dengan membaca peta dan menentukan rute kasar dan titik perhentian, sehingga kita bisa orientasi arah. Dan jangan lupa, apabila ragu jangan malu untuk bertanya, "malu bertanya sesat di jalan, banyak tanya malu-maluin" hehehe.... Pasangan yang pas sih pasang radio HF/VHF/UHF di kendaraan hehehe...., biar gak usah turun kalo mau tanya ....

Semoga setelah membaca tulisan ini, memakai gps tidak nyasar lagi.

Terakhir, selamat menikmati perjalanan  ....
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Pakai GPS koq Masih Nyasar ?"

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

adnow

loading...

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi