Memangkas Anggur Tabulampot

Tabulampot anggur setelah dipangkas

Kondisi anggur yang sudah ditaman di pot ternyata sudah tumbuh dengan subur selama kurang lebih 2 bulan, batang primer panjangnya sudah mencapai lebih dari 150 cm. Sampai sepanjang ini, saya selalu membuang setiap bakalan tunas cabang sekunder supaya semua energi tercurah ke pertumbuhan batang primer sampai panjang tertentu.

Selama 2 bulan ini, anggur dipupuk intensif menggunakan NPK (15-15-15), dengan dosis 1 sendok makan per minggu dilarutkan dalam 1 liter air. Daun dan batang yang semua mungil semakin besar dan tumbuh hijau subur.

Tahapan selanjutnya adalah melakukan pemangkasan agar batang primer menghasilkan 2 batang sekunder saja, yaitu yang mengarah ke kiri dan ke kanan. Selanjutnya apabila batang sekunder sudah tumbuh dapat dipangkas (dipotong) lagi sehingga menghasilkan 2 batang sekunder saja yang tegak lurus dengan batang sekunder. Hal ini dilakukan agar anggur tampak simetri di pot.

Waktu pemangkasan untuk tanaman anggur biasanya bulan Maret – April dan Juli – Agustus. Untuk anggur dalam pot supaya buah selalu ada hampir sepanjang tahun, pemangkasan dilakukan bertahap 3 kali (misalkan bulan April, Juni dan Agustus) dengan membagi cabang atau ranting menjadi 3 bagian dan dilakukan penggiliran pemangkasan. Sehingga panen buahnya sekitar bulan Agustus, Oktober dan Desember. Pemangkasan dilakukan pada ujung anak ranting yang masih berwarna kehijauan dan membuang seluruh daun, sehingga tanaman menjadi gundul.

Sebaiknya 3 minggu sebelum dipangkas diberikan pupuk dengan dosis 2 kali lipat. Yang biasanya 1 sendok makan dapat diberikan 2 sendok makan. Jangan lupa dilarutkan dalam air supaya anggur tidak mati terbakar. Karena pupuk NPK tidak boleh dalam kondisi tanah kering, harus cukup air.

Pemupukan lewat daun juga dapat membantu terbentuknya bunga pada tanaman anggur. Semprotkan pupuk Gandasil D pada 5 hari sesudah pemangkasan. Setiap 5 hari sekali untuk merangsang pembentukan daun baru. Gandasil D adalah pupuk lengkap dengan komposisi yang merangsang pertumbuhan daun. Pada saat daun mulai muncul (sekitar 2-3 minggu kemudian), semprotkan Gandasil B dengan dosisi sesuai anjuran pada kemasannya. Gandasil B adalah pupuk lengkap dengan komposisi yang diperuntukkan merangsang pembentukan bunga dan buah. 

Semoga minggu-minggu ini ada waktu luang buat mangkas. ...
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Memangkas Anggur Tabulampot"

  1. PUSAT SARANA BIOTEKNOLOGI AGRO

    menyediakan asam humat untuk keperluan penelitian, laboratorium, mandiri, perusahaan .. hub 081805185805 / 0341-343111 atau kunjungi kami di https://www TOKOPEDIA.com/indobiotech temukan juga berbagai kebutuhan anda lainnya seputar bioteknologi agro

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi