Jalan Raya di Indonesia Cuma Cocok untuk Motor Trail

Ilustrasi motor trail.
Ilustrasi motor trail.
Saya jadi inget omongan dosen ketika masih kuliah di Bandung. Beliau mengingatkan saya untuk tidak mengendarai motor kalau pergi pulang Tasikmalaya-Bandung, soalnya kondisi jalan Tasikmalaya-Bandung waktu itu memang kondisinya rusak dan kondisi lalu lintas yang sangat ramai dengan kendaraan besar. Saya beralasan mengendarai motor karena memang menekan pengeluaran waktu kuliah hehehe, udah gitu saya perlu mobilitas yang cepat. Dengan mengendarai motor, waktu tempuh Tasikmalaya-Bandung cuma (rata-rata) 2,5 jam dengan kecepatan "normal" hehehe.... Saya yakin dosen lebih mengutamakan keselamatan dibandingkan hal-hal lain.

Belakangan saya justru berpikir lain, kalo jalan raya di Indonesia (umumnya) malah cuma cocok untuk motor, terutama motor trail hehehe .... Saya berfikir gitu karena banyak alasan, seperti :

Kondisi jalan raya yang sebagian besar rusak
Saya punya pengalaman buruk ketika perjalanan malam antara Tasikmalaya-Bandung menggunakan  mobil. Waktu itu seingat saya belum terlalu malam, tetapi dalam kondisi hujan gerimis sehingga lampu saya gak terlalu mampu menerangi jalan. Dengan kecepatan normal, sekitar 60-80 km/jam, ternyata saya banyak menghantam lubang dan hasilnya begitu sampai ke Tasikmalaya shock breaker belakang mobil saya rusak (bocor) hahaha ....

Dengan kondisi jalan yang seperti itu, saya yakin malah lebih asyik pake motor trail saja, karena gak usah susah-susah nyari jalan tanah yang jelek, toh jalan raya banyak sekali yang kondisinya yang rusak.

Padahal setahu saya, kalau seandainya terjadi kecelakaan yang diakibatkan oleh kondisi infrastruktur jalan merupakan penyebabnya, maka pemerintah dapat dituntut sehubungan dengan kecelakaan itu.

Banyak polisi tidur
Euforia kemakmuran itu menyebabkan semakin banyak orang Indonesia mampu membeli motor atau mobil. Yang jadi masalah jalanan semakin ramai dan semakin banyak dipacu dengan kecepatan di atas kecepatan normal  kelas jalan. Hal itu lah barang kali yang menyebabkan masyarakat sekitar "memaksa" pengendara untuk memelankan kendaraannya dengan memasang polisi tidur ....

Yang lucu juga adalah ketika jalan masih jelek, warga itu sampai demo agar jalan dapat diaspal mulus, eh ... giliran sudah diaspal hotmix mulus malah "dirusak" dengan dipasangi polisi tidur huft .... Padahal dengan dipasang polisi tidur kadang malah menyebabkan kecelakaan ekstra ketika mobil/motor mengerem mendadak. Saya malah jadi inget cerita dosen lagi, kalo yang ada di pikiran pengendara ketika menghadapi polisi tidur adalah bukan untuk memelankan kendaraan tetapi supaya shock breaker mobil/motor tidak rusak hehehe ... Jadi polisi tidur tidak berguna untuk memelankan kendaraan hahaha....

Nah, kondisi jalan (raya) yang banyak polisi tidur malah jadi "medan" yang asyik buat motor trail hahaha ... Jadi gak usah bikin sendiri untuk berlatih jumping ....

(Hampir semua) jalanan perkotaan macet di mana-mana
Meskipun jalanan macet, toh  kita semua inginnya cepat sampai ke tujuan kan ? ... Nah kalo pake motor trail kan bisa naik ke trotoar seperti yang sering saya liat di jalanan Bandung dan Jakarta hahaha... but dont't try this at home .... Karena fungsi trotoar buat pejalan kaki, bukan untuk pedagang atau motor ya hahaha ....

Banjir (genangan) langganan kalau hujan besar
Saya gak kebayang kalau mobil sedan dikasih genangan setinggi 50 cm saja, dijamin kelelep deh hahaha.... Nah kalo pake motor trail kan aman sentosa mengasyikan  melewati genangan  hahaha ....

Nah itu dia alasan untuk memilih membeli motor trail hehehe....
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Jalan Raya di Indonesia Cuma Cocok untuk Motor Trail"

  1. benar gan jalanan indonesia kayak kubangan kerbau, motr trail solusinya
    http://www.bikerzone11.xyz/2016/10/motor-trail-untuk-jalanan-indonesia.html

    ReplyDelete
    Replies
    1. cari aman aja ya Gan hehehe .... foto kerbaunya lengkap Gan hehehe ... foto2 di blog-nya lengkap banget Gan .. Salam gaspol ya hehehe ....

      Delete

Terima kasih telah berkomentar

adnow

loading...

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi