Perlunya Memakai Sunglass

Perlunya memakai sunglass
Saya memakai kacamata polarizer plus filter uv
Diawali sebuah status di facebook tentang keogahan saya ke dokter gigi, ada komentar dari Teh Resti yang ternyata malah menambah pengetahuan. Terutama terkait penggunaan kacamata.

Pada awalnya memang saya memakai kacamata hitam untuk gaya aja sih, tetapi waktu itu karena saya suka mancing dan sesepedahan, maka saya memilih kacamata yang memiliki efek polarizer dan filter uv. Waktu itu saya belum tahu manfaat secara kesehatan, cuma memang enak dipake aja dan dapat melihat menembus beningnya kaca dan permukaan air. Efeknya mungkin sama dengan filter CPL kalo saya motret, bedanya kalo CPL harus diputer untuk sampai pada efek tertentu.

Pekerjaan saya yang  mengharuskan sesekali berpanas ria di bawah terik matahari ternyata berpotensi mengakibatkan gangguan penglihatan, salah satunya pterygium. Pterygium adalah suatu timbunan atau benjolan pada selaput lendir atau konjungtiva yang bentuknya seperti segitiga dengan puncak berada di arah kornea.

Timbunan atau benjolan ini membuat penderitanya agak kurang nyaman karena biasanya akan berkembang dan semakin membesar dan mengarah ke daerah kornea, sehingga bisa menjadi menutup kornea dari arah nasal dan sampai ke pupil, jika sampai menutup pupil maka penglihatan kita akan terganggu.

Penyebab pterygium dari beberapa literatur yang barusan saya baca ternyata adalah karena paparan yang terus menerus dengan sinar matahari. Sinar matahari salah satunya mengandung sinar uv, nah sinar uv inilah yang diduga menyebabkan pterygium.

Nah, selain untuk gaya, perhatikan juga manfaat kacamata. Jangan hanya beli kacamata cengdem (seceng tapi adem hahaha...) tetapi harus ada fungsi menapis sinar uv, sehingga mengurangi resiko terkena pterygium.

Gak apa-apa lah agak mahal dikit, daripada terkena pterygium yang harus dioperasi. Bayangin lho, dibersihkan karang gigi aja udah syerem liat peralatannya, apalagi bedah mata ? wah ... ngeri deh ngebayanginnya ....
loading...

Postingan terkait:

2 Tanggapan untuk "Perlunya Memakai Sunglass"

  1. saya udah pake kacamata sejak smp pak, cuman bukan kacamata riben hehe... kacamata minus tentunya. sekarang lensanya udah ada yang polarized

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi