Longsor di Banjarnegara, Daerah Lain juga Harus Waspada


Longsor di Banjarnegara, Daerah Lain juga Harus Waspada. Foto JPNN.com

Bencana tanah longsor yang terjadi di Banjarnegara, Jawa Tengah, seharusnya menjadi alarm bagi daerah lain yang memiliki wilayah pegunungan dan perbukitan. Sebab, longsor semakin mudah terjadi saat musim hujan seperti sekarang.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, hujan deras masih terus terjadi dari Desember 2014 hingga Maret 2015. Deputi Klimatologi BMKG Widada Sulistya mengatakan, hampir seluruh wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan pada jangka waktu tersebut.

Untuk puncaknya, kata dia, setiap wilayah berbeda-beda. Misalnya, untuk Desember 2014 hingga Januari 2015, hujan lebat terjadi di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat. Sedangkan untuk Januari–Februari 2015, puncak hujan akan terjadi di sekitar wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). ”Karena itu, banjir di Jakarta selalu terjadi pada bulan-bulan tersebut,” ungkapnya.

Widada menjelaskan, besarnya intensitas hujan yang akan mengguyur Jakarta itu turut dipengaruhi adanya siklon tropis bakung yang terjadi di sebelah barat daya Lampung. Meski lokasinya cukup jauh, siklon itu cukup memengaruhi kondisi cuaca di Indonesia, terlebih wilayah selatan Indonesia. Misalnya, wilayah selatan Sumatera, Jawa, dan Papua.

”Kami minta masyarakat untuk terus berhati-hati. Terlebih untuk daerah yang rawan. Seperti wilayah-wilayah perbukitan. Karena hujan seringnya menjadi pemicu longsor atau banjir,” ujarnya. (owi/c10/kim)

Sumber : JPNN
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Longsor di Banjarnegara, Daerah Lain juga Harus Waspada"

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

adnow

loading...

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi