Egoisme Fotografer

"Moncong" lensa yang semakin maju dan maju yang akan menghalangi prosesi dan panggung kehormatan.

Seringkali ketika saya hunting sesuatu, terutama di tempat umum yang spot-nya menarik, selalu saja dipenuhi oleh puluhan bahkan ratusan fotografer. Karena semuanya tentunya ingin mengabadikan moment dan angle terbaik. Tidak jarang mereka saling menghalangi satu sama lain, karena berjubel.

Tetapi apa karena status-nya sebagai seorang fotografer sehingga merasa memiliki privilege yang akibatnya mengabaikan hak orang lain yang juga ingin menikmati atau sekedar memotret subyek yang sama ?. Terkadang, banyak sekali fotografer yang dengan egoisnya menghalangi juru foto yang lain.

Saya terkadang yang merasa ingin memberikan kesempatan kepada fotografer (yang memiliki ID card fotografer hehehe ...) untuk memotret, justu malah saya terhalangi. Akhirnya terpancing untuk berdiri dan akhirnya menghalangi yang lain karena ukuran badan saya dan bawaan saya lumayan gede hahaha ...

Pengalaman memotret yang menurut saya "menyejukan" adalah ketika memotret sunrise di Bromo. Penanjakan 1 adalah spot sejuta umat, fotografer dari berbagai belahan dunia berusaha memotret di tempat terbaik. Nah, di sana, justru saya merasa tidak nampak ke-egois-an. Mereka nampak memotret bergilir secara teratur dan tidak saling menghalangi.

Dari 2 pengalaman yang bertolak belakang tadi itu, saya mencoba memahami hobi saya memotret. Saya bilang hobi, karena saya tidak mencari uang dari kesenangan saya itu hehehe ... Alangkah bijaksananya ketika kita menenteng kamera mahal sekalipun, berilah kesempatan kepada setiap orang yang ingin memotret, jangan saling menghalangi.

Ketika tidak saling berebut itulah, akhirnya kan semua orang akan mendapat foto terbaik menurut pandangan masing-masing.

Sekedar sharing pendapat pribadi lho ya ... ditunggu komentarnya hehehe ....
loading...

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Egoisme Fotografer"

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar

Artikel Terkait :

Hotel, Kereta Api dan Tiket Pesawat Termurah by Pegipegi